Begini Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Secara Alami

advertisement
Bagi anak yang masih dibawah umur, pilek tentunya menjadi sebuah masalah yang mengkhawatirkan karena, mereka masih belum paham akan cara untuk menyembuhkan hal tersebut dan sebagai orangtua yang baik, anda perlu menerapkan cara mengatasi pilek pada bayi yang benar agar bayi anda tidak lagi mengalami masalah pilek.

Sebagai orangtua, anda tentunya tidak perlu panik karena, ada banyak langkah yang bisa anda lakukan sebagai hal untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan pilek yang sedang diderita anak anda. Untuk itu, ada banyak langkah yang tersedia dan tinggal anda lakukan secara hati-hati agar buah hati anda tidak lagi menderita akan hal tersebut.

Bayi

Beberapa tips mengatasi pilek pada bayi secara alami

Cara yang pertama adalah dengan tidak menempatkannya diruangan yang dingin atau dalam hal ini, menggunakan AC. Jika buah hati anda tetap ngotot ingin berada didalam ruangan ber-AC maka, ada baiknya anda menyetel suhu ruangan tersebut dalam suhu yang kecil atau membiarkannya dingin terlebih dahulu dan langsung mematikannya kala suhu ruangan sudah cukup dingin.

Hal ini sangat penting agar membuat keadaan tubuh anak anda hangat sehingga, masalah flu yang diderita tidak akan terlalu berat.

Selain untuk tidak menaruhnya diruangan yang dingin, ada baiknya anda juga melakukan cara lainnya seperti menepuk punggung anak anda. Hal ini dipercaya menjadi salah satu hal ampuh untuk membantu anak anda bernapas.

Seperti yang kita ketahui, flu seringkali membuat banyak orang sulit bernapas apalagi bagi yang masih belum mengerti apa-apa. Karena itu, gendong anak anda tepuklah bagian punggungnya secara perlahan agar pernapasannya cukup lega walaupun masih dalam keadaan yang flu. Hal ini bisa membantu mereka bernapas lebih lega sehingga mereka tidak merasa sesak terutama dalam keadaan flu.

Jangan lupa untuk membersihkan lendir atau ingus yang keluar dari hidung anak anda. Untuk hal ini, anda hanya cukup mengambil beberapa buah kapas yang sudah dicelupkan dalam air hangat sebelumnya. Setelah itu, bersihkan bagian hidung anak anda secara perlahan agar hidung anak anda bersih dari ingus.

Jangan paksa anak anda mengeluarkan ingusnya dengan memaksa ingus keluar seperti yang bisa kita lakukan karena, cara ini hanya dapat membuat anak anda merasa tidak nyaman dan menghasilkan iritasi yang dapat melukai bagian dalam dari hidung buah hati anda.

Hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah, berikan minuman hangat kepada buah hati anda. Untuk anak yang berusia 6 bulan keatas, anda bisa memberikan teh hangat sebagai salah satu minuman yang dapat membuat buah hati anda merasa nyaman. Suapi anak anda secara perlahan agar ia merasa nyaman dan juga minuman tersebut dapat membuat dirinya hangat.

Setelah itu, anda tentunya akan mendapatkan efek yang maksimal bagi anak anda dengan menyuapinya dengan minuman hangat. Tidak hanya itu, jangan lupa memberikan air garam yang diteteskan lewat lubang hidung karena, cara ini dipercaya bisa mengencerkan ingus yang ada dihidung.

ARTIKEL TERKAIT: