Ini Dia Manfaat Buah Tomat untuk Kulit Wajah yang Seharusnya Diketahui

advertisement
Manfaat buah tomat untuk wajah ada banyak macamnya. Buah yang satu ini memang memiliki sejuta manfaat untuk tubuh manusia. Terutama untuk kulit manusia. Tomat adalah buah yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Buah yang satu ini masih bersaudara dengan terung, paprika, dan kentang.

Selama ini banyak yang menyangkan bahwa tomat adalah bagian dari sayuran. Padahal sebenarnya tomat masuk ke dalam jenis buah karena memiliki bagian daging dan biji yang aman untuk dikonsumsi. Di dalam artikel ini kami akan membahas beberapa manfaatnya, nah bagi yang penasaran berikut ini adalah beberapa contoh manfaat dan khasiatnya selamat membaca.

Buah tomat


Khasiat Tomat untuk Kulit Wajah Kita

Selama ini tomat umum dijadikan sebagai bahan masker atau obat untuk kulit. Biasanya tomat dicampurkan terlebih dahulu dengan jeruk nipis, gula, madu, dan bahan lainnya. Salah satu manfaat tomat adalah untuk mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah. Untuk mendapatkan hasil ini maka anda bisa membuat masker dari buah tomat.

Cara pembuatan maskernya tidak terlalu sulit. Caranya, blender tomat segar terlebih dahulu. Setelah itu campurkan dua sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan air. Kemudian gunakan kapas untuk mengusap wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Pijat seluruh permukaan kulit wajah dengan merata selama kurang lebih 15 menit.

Tomat juga berguna untuk merawat kulit. Selama ini minyak zaitun terkenal dengan khasiat dapat merawat kulit menjadi lebih sehat. Ternyata kandungan minyak dalam biji tomat juga mampu untuk merawat kulit. Caranya yaitu dengan melawan radikan bebas yang bisa mempercepat proses penuaan.

Banyak klinik kecantikan yang telah menggunakan bji tomat untuk mengobati kondisi kulit yang kering atau mengalami kerusakan. Minyak biji tomat bisa digunakan untuk memijat bagian kulit yang diinginkan. Perawatan bisa dilakukan menjelang tidur. Setelah menggunakan minyak biji tomat, biarkan selama semalaman. Setelah itu bersihkan ketika anda bangun pada pagi hari. Lakukan secara rutin agar anda bisa mendapatkan hasil kulit yang bebas dari gangguan.

Bagi anda yang sering mengalami masalah jerawat, tomat bisa menjadi salah satu solusinya. Selama ini memang banyak obat jerawat yang beredar di masyarakat. Tetapi tidak pernah ada yag tahu kandungan sesungguhnya dalam obat jerawat yang beredar tersebut. Maka dari itu anda harus berhati-hati dalam memilih obat jerawat.

Manfaat buah tomat dalam menghilangkan jerawat ini didapatkan dari kandungan vitamin A dan C yang ada dalamnya. Selain itu ada juga kandungan asam dalam tomat yang bisa mengatasi jerawat dan kulit ruam kemerahan. Untuk jerawat-jerawat kecil yang ada di wajah, anda bisa menggunakan potongan tomat segar sebagai masker. Biarkan selama satu jam lalu kemudian bersihkan.

Untuk masalah kulit berminyak, anda juga bisa mengandalkan tomat. Kulit berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan pada wajah. Sehingga wajah pun dipenuhi minyak. Efek dari kulit berminyak ini membuat wajah menjadi terlihat berkilau. Selain itu ada juga masalah flek hitam dan komedo pada wajah.

Baca juga: Memutihkan Wajah dengan Tomat

Tomat bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya yaitu dengan menggunakan masker jus tomat yang dicampur dengan 4 sendok makan jus timun. Sebaiknnya masker ini digunakan dengan cara dioleskan pada wajah. Setelah itu biarkan kering dan bilas.

ARTIKEL TERKAIT: