Ketahu Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil, Yuk!

advertisement
Ada begitu banyak manfaat buah alpukat khusus untuk ibu hamil. Buah yang berasal dari Meksiko ini memang sudah dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang disarankan untuk ibu hamil. Kehamilan merupakan saat yang tepat untuk me-review kembali kebiasaan pemenuhan nutrisi.

Maka dari itu, ibu hamil perlu untuk melakukan konsultasi dan perawatan ketik mengalami mual dan muntah atau kehilangan nafsu makan serta bobot badan. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga menjadi salah satu jalan yang perlu dilakukan.

Berikut ini ada beberapa manfaat penting buah alpukat untuk ibu hamil yang memang beberapa diantaranya ternyata tidak semua orang mengetahuinya secara umum karena memang buah ini kurang begitu diketahui di umum sana.

Buah Alpukat

Manfaat Penting Alpukat untuk Ibu Hamil

Alpukat menjadi salah satu buah yang disarankan bagi ibu hamil. Pasalnya buah yang satu ini memiliki kandungan lemak sehat yang dibutuhkan oleh bayi. Paling tidak lemak baik tersebut diperlukan 3 porsi setiap harinya. Lemak pada alpukat akan memenuhi kebutuhan kalori yang diperlukan.

Tentunya semua ibu hamil sudah hafal bahwa asam folat merupakan salah satu kandungan penting bagi perkembangan janin. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas adalah susunan gigi tetap yang tidak teratur karena adanya gangguan rahang yang sedang mengalami perkembangan. Lalu di kemudian hari gigi susu mengalami keterlambatan untuk tanggal. Asam folat ini bisa ditemukan pada alpukat.

Manfaat alpukat yang lainnya yaitu sebagai salah satu asupan kalsium. Selama masa kehamilan, kebutuhan tubuh akan naik berlipat ganda. Peran alpukat disini untuk memenuhi asupan kalsium. Ibu hamil membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang pada bayi.

Selain itu alpukat juga mengandung vitamin C yang berguna untuk penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain vitamin C, ada juga kandungan vitamin E yang menghasilkan hormon prolaktin. Ketika ibu hamil kekurangan hormon yang satu ini, maka bisa mempengaruhi kondisi emosional. Vitamin E juga berguna dalam memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi.

Alpukat juga memiliki kandungan vitamin K. Buah alpukat juga berguna untuk pembentukan sel darah merah. Vitamin K juga berguna untuk pembentukan tulang bagi sang janin. Masih banyak lagi manfaat buah alpukat lainnya yang baik bagi ibu hamil. Alpukat juga kaya akan B1, B2, dan B6. Asupan vitamin ini berguna untuk mengatasi mual ketika hamil muda.

Terutama B6 yang berguna untuk mengatasi morning sickness. B1 juga dikenal dapat mengurangi rasa mual dan muntah di pagi hari. Sedangkan vitamin B2 dikenal dengan riboflavin yang menjadi elemen penting dalam membantu penguraian zat makanan untuk janin.

Tahukah anda bahwa ternyata alpukat bisa mencegah anemia? Ibu hamil seringkali mengalami kekurangan zat besi. Sehingga tidak jarang ada ibu hamil yang mengalami anemia. Alpukat sendiri sudah kaya akan manfaat zat besi untuk ibu hamil. Sehingga mengkonsumsi beberapa potong alpukat sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan ini.

Baca juga: Manfaat Daun Alpukat

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan serat yang berguna untuk memperlancar pencernaan makanan. Sehingga pergerakan usus pun menjadi lebih baik dan ibu hamil bisa terhindar dari sembelit. Ibu hamil bisa langsung mengonsumsi alpukat atau diolah dulu menjadi jus.

ARTIKEL TERKAIT: