Inilah Manfaat Daun Sirih untuk Mata yang Perlu Diketahui

advertisement
Bagi beberapa orang, penyakit mata merupakan hal yang sepele karena tidak diperlukan cara serius untuk menanganinya. Cukup pergi ke dokter, diberikan obat dan selesai sudah.

Namun, bagi masyarakat tradisional yang terbiasa hidup dengan pengobatan herbal, tentunya harus berobat ke dokter dan menggunakan obat dokter dengan segala kemungkinan zat kimia yang terkandung didalamnya, menimbulkan ketakutan tersendiri.

Faktanya, sejak dahulu orang indonesia telah mengenal manfaat daun sirih untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit mata.

daun sirih

Kegunaan daun sirih dalam dunia pengobatan

Daun sirih banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan dikarenakan minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak betiephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang berfungsi untuk mematikan bakteri, jamur dan juga berperan sebagai antioksidan.

Oleh karena kandungannya, maka daun sirih bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata seperti, rabun jauh (miopi), mata merah dan belekan. Rabun jauh atau miopi merupakan suatu kondisi dimana seseorang dapat mengamati objek jarak dekat dengan jelas namun mengalami kesulitan dalam mengamati objek jarak jauh. Itulah mengapa untuk mengamati objek jarak jauh seorang penderita miopi harus menyipitkan mata.

Nah yang menarik dengan adanya daun sirih kita bisa menyembuhkan miopi itu sendiri. Terapi terhadap penderita miopi dapat dilakukan dengan merebus daun sirih secukupnya, tunggu hingga agak layu, dinginkan terlebih dahulu sebelum akhirnya diteteskan ke mata dengan memutar bola mata ke kiri dan ke kanan untuk meratakan tetesan air daun sirih tadi.

Tidak hanya untuk mengobati penyakit mata seperti miopi, daun sirih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan daun sirih yang telah disebutkan sebelumnya, dapat membunuh bakteri dan jamur dalam mata yang pada akhirnya akan menyembuhkan masalah penglihatan yang ada di dalam tubuh kita sendiri yang tentunya akan membawa manfaat bagi kita.

Manfaat daun sirih untuk menjaga kesehatan mata tentunya semakin akan dirasa khususnya bagi para pekerja lapangan seperti kontraktor, sales dan atau petugas kebersihan misalnya. Kontak dengan debu, asap knalpot dan polusi tentunya membawa berbagai bakteri, kuman maupun virus yang dapat mengganggu kesehatan mata yang berujung pada penyakit mata seperti mata merah dan belekan.

Penyakit mata merah umunya disebabkan oleh pembuluh darah di mata membengkak atau iritasi yang mungkin disebabkan oleh debu, bakteri, kuman dan virus sedangkan belekan adalah kondisi di mana mata mengeluarkan lendir atau mukus secara berlebihan sehingga menyebabkan penderitanya sulit untuk membuka mata di pagi hari. Sama seperti penyakit mata merah, belekan terjadi akibat iritasi oleh bakteri.

Daun sirih sangat cocok untuk mengobati penyakit mata merah dan belekan sebab kandungan dalam daun sirih ampuh membunuh bakteri, kuman dan virus penyebab iritasi pada mata dan tentunya zat antioksidan dalam daun sirih akan mencegah penyakit untuk kembali lagi. Cara pengobatannya terbilang cukup sederhana, yaitu dengan merebus beberapa daun sirih ke dalam air mendidih, dinginkan lalu teteskan secukupnya pada mata yang teriritasi.

ARTIKEL TERKAIT: