Manfaat Mengagumkan Daun Sirih untuk Wajah yang Perlu Diketahui

advertisement
Manfaat daun sirih untuk wajah nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Daun sirih memang selama ini diketahui memiliki segudang manfaat untuk manusia. Bagi seorang wanita, kulit wajah merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga. Tetapi seringkali masalah-masalah seperti jerawat, flek hitam, tanda-tanda penuaan, dan lain lain menyerang kulit wajah.

Siapa yang menyangka bahwa hal-hal tersebut bisa diatasi dengan daun sirih. Tanaman yang satu ini memiliki kandungan alami seperti antioksidan dan flavonoid. Keduanya bermanfaat untuk kulit. Kandungan tersebut mampu mengangakat sel kulit mati yang menyebabkan kulit wajah kusam dan kasar.

Daun Sirih

Perawatan wajah menggunakan daun sirih

Ada berbagai macam perawatan daun sirih untuk wajah yang bisa anda coba. Misalnya saja untuk menghaluskan kulit yang kasar, anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun sirih yang masih segar. Kemudian tumbuk daun hingga halus dan tambahkan 1 sendok teh madu alami.

Setelah itu oleskan ramuan tersebut ke seluruh kulit wajah dan leher, setelah itu diamkan selama 15 menit. Jika sudah, basuh wajah menggunakan air hangat. Perawatan ini perlu dilakukan selama 2 kali dalam seminggu. Khasiat daun sirih ini akan terasa setelah melakukan perawatan selama 1 bulan. Kulit akan menjadi lebih halus dan bersinar.

Manfaat daun sirih untuk kecantikan lainnya yaitu untuk menghilangkan jerawat. Perawatan yang perlu anda lakukan yaitu dengan menyiapkan daun sirih yang masih segar sebanyak 10 lembar. Setelah itu rebus dengan 1 liter air dan 2 sendok garam dapur hingga mendidih.

Setelah itu, diamkan air rebusan tersebut selama beberapa saat sampai panasnya cukup. Tetapi jangan biarkan terlalu dingin. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh wajah yang berjerawat. Perawatan yang satu ini perlu dilakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur. Hasilnya akan terlihat setelah beberapa hari, jerawat akan mengempes dan mengering.

Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, tidak perlu khawatir. Daun sirih dapat mengatasi kulit berminyak. Caranya yaitu dengan rutin membasuh muka menggunakan air rebusan daun sirih. Gunakan 10 lembar daun sirih yang masih muda, setelah itu rebus dengan menggunakan 1 liter air hingga mendidih.

Tunggu beberapa saat sampai air rebusan berubah menjadi hangat. Setelah itu basuhkan pada kulit wajah. Lakukan hal ini setiap malam sebelum tidur. Hasilnya yang maksimal baru terlihat dalam beberapa minggu. Minyak pada kulit akan berkurang dan kulit pun terlihat lebih cerah dan bersinar.

Mengatasi kulit berminyak pada kulit ternyata juga akan berdampak pada hal lain. Salah satunya adalah kulit wajah yang kusam bisa menjadi lebih cerah. Secara tidak langsung, wajah akan menjadi lebih bersih dan bersinar.

Maka dari itu secara rutin, basuhlan wajah dengan air rebusan daun sirih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi jangan sampai menggunakan air rebusan daun sirih secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping. Selain untuk kecantikan, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan organ intim kewanitaan.

ARTIKEL TERKAIT: