5 Penyebab Rambut Rontok Parah yang Sering Dialami Banyak Orang

advertisement
Walaupun sebenarnya banyak sekali penyebab rambut rontok parah atau berlebihan yang tidak biasa, namun disini saya hanya akan membahas 5 hal yang paling sering menyebabkan kerontokkan pada rambut kepala. Bagi anda orang yang memang memperhatikan penampilan, mempunyai rambut yang sehat dan indah tentu menjadi keinginan setiap saat, wajar jika anda rela mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk perawatan mahkota yang ada di kepala anda sendiri.

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa rambut mempunyai siklus hidup sehingga kerontokkan bisa dibilang normal dan wajar saat mengalami masalah tersebut setiap harinya sebanyak kurang lebih 45 - 100 helai.

Namun jika rambut yang rontok berlebihan sehingga bagi pria khususnya memungkinkan terjadinya kebotakkan, ini harus segera diatasi. Pastikan anda juga mengetahui penyebab masalah tersebut terjadi agar bisa dicegah.

Penyebab Rambut Rontok

Faktor Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

1). Keturunan

Penyakit kelainan genetik atau penyakit  keturunan bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah dan tidak biasa yang diturunkan dari anggota keluarga kepada anaknya. Meskipun penyakit genetik ini bisa dibilang tidak serius karena banyak orang mengabaikannya, namun bagi anda yang memperhatikan penampilan, penyakit ini bisa dicegah dan diatasi.

Cobalah untuk mengunakan shampo yang terbuat dari bahan alami, seperti lidah buaya, dan lain sebagainya. Silakan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

2). Stres

Stres dan rambut rontok memiliki hubungan yang apabila anda mengalami stres, maka bisa saja mengalami kerontokkan berlebihan secara tiba-tiba saat anda menyisir. Maka dari itu cobalah untuk belajar mengendalikan stres karena memungkinkan rambut dapat tumbuh kembali normal seperti biasa.

3). Hormon

Ya, hormon yang tidak seimbang juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Ini biasanya terjadi pada wanita yang hamil dan sedang mengalami ketidakseimbangan hormon dalam tubuhnya.

Artikel terkait: Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang

4). Bahan Kimia

Sebaiknya anda waspada terhadap penggunaan produk perawatan yang menggunakan bahan kimia. Jika produk yang anda gunakan terlalu banyak mengandung bahan kimia, maka bisa saja merusak kesehatan rambut sehingga menjadi mudah rontok dari sebelumnya.

5). Gaya Rambut

Jika anda sering mengubah gaya rambut secara berkala dengan tujuan agar tampilan anda terlihat segar dan tidak membosankan, berhati-hatilah dalam memilih gaya, karena beberapa gaya tertentu bisa menjadi penyebab rambut rontok menghampiri anda. Gaya yang mengharuskan melakukan tarikan terhadap rambut wanita seperti gaya ekor kuda, bisa saja menyebabkan kerontokkan apabila tarikannya terlalu kencang dan ketat.

Jangan lupa, baca juga: Tips Meluruskan Rambut Secara Permanen

ARTIKEL TERKAIT: