Inilah Manfaat Sayur Bayam Hijau untuk Kesehatan Tubuh Kita

advertisement
Sayur bayam, semua orang pasti mengenal makanan yang satu ini, apalagi bagi para penggemar kartun pasti tahu kalau sayur bayam sering digunakan oleh salah satu karakter kartun ternama yaitu Popeye The Sailor Man yang akan berubah menjadi kuat setelah memakan sayuran ini.

Tentu saja kita tidak akan berubah menjadi manusia super seperti Popeye setelah memakan sayuran ini, akan tetapi yang pasti manfaat dari sayur bayam memang benar-benar terasa dan membuat badan sehat serta sistem imunitas kita lebih kuat dari yang lain. Akan tetapi bukan hanya itu saja manfaat makanan ini karena masih banyak manfaat lainnya yang akan kita bahas di dalam artikel ini dengan lebih lengkap dan juga detail.

sayur bayam

Ini dia 4 manfaat sayur bayam yang perlu anda ketahui

1. Melawan sel kanker

Salah satu manfaat yang belum diketahui banyak orang adalah sayuran ini dapat digunakan untuk melawan sel kanker. Ya benar sekali kanker yang selama ini belum ada obatnya rupanya bisa dilawan dengan mengkonsumsi makanan ini dengan teratur. Hal ini karena di dalam sayuran bayam terdapat berbagai macam vitamin mulai dari vitamin C dan juga vitamin A.

Simak juga: Manfaat Sayur Kol

Di samping itu 13 flavonoid dan juga asam folat merupakan salah satu bentuk tambahan yang membuat makanan ini sangat tepat untuk terapi orang yang menderita kanker. Beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, prostat dan juga payudara telah diuji dan ternyata sayuran ini mampu menangkal sel sel kanker yang cukup berbahaya ini. Jadi ingin selamat dari kanker? Mari konsumsi bayam.

2. Menjaga kesehatan penglihatan   

Selain menjaga kesehatan dari sel kanker, sayur yang satu ini juga mampu menjaga kesehatan mata kita. Hal ini tentu saja wajar karena seperti yang sudah diberitahukan di manfaat pertama bahwa bayam memiliki kandungan vitamin A yang tinggi oleh karena itu vitamin yang ada di dalam bayam mampu menutrisi kesehatan mata sehingga mata kita akan lebih sehat dan juga tajam.

3. Sumber anti-inflamasi

Sumber anti inflamasi adalah salah satu manfaat bayam lainnya. Kandungan di bayam memang cukup banyak dan mencakup violaxanthin dan juga neoxanthin yang keduanya adalah sumber anti inflamasi. Dengan demikian bagi anda yang mengalami inflamasi atau peradangan maka sayuran ini adalah makanan yang paling tepat bagi anda yang mengalami peradangan, beberapa peradangan yang bisa diatasi oleh makanan ini cukup banyak mulai dari osteoarthritis sampai dengan rheumatoid arthritis.

Lihat juga: Manfaat Sayur Brokoli Hijau

Dengan demikian apabila anda menderita peradangan maka konsumsi saja bayam secara teratur untuk meredakannya.

4. Meningkatkan kesehatan jantung 

Selain sebagai sumber anti inflamasi kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan konsumsi sayuran ini secara teratur. Hal ini karena, bayam memiliki nutrisi yang tinggi dan bisa menjaga kesehatan jantung anda. Belum lagi bayam menetralisir banyak penyakit yang menbuat kita menjadi semakin sehat dan juga pastinya lebih memiliki kualitas hidup dan kesehatan yang tinggi.

Dari beberapa manfaat sayur bayam di atas sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan khasiat sayuran yang satu ini, selain menjaga kesehatan tubuh, zat besinya yang tinggi juga meningkatkan energi yang mengkonsumsinya. Belum lagi bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi dapat mengendalikannya dengan konsumsi bayam secara teratur.

Baca juga: Manfaat Sayur Terong

Dengan demikian bisa kita simpulkan betapa bergunanya sayuran ini bagi kesehatan kita yang pastinya akan meningkatkan kualitas kesehatan hidup kita, dengan demikian semoga ini membuka mata anda dan lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.

ARTIKEL TERKAIT: