Kenali Manfaat Sayur Kol (Kubis) bagi Kesehatan Tubuh Kita

advertisement
Kol atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kubis adalah salah satu sayuran yang cukup terkenal dan memiliki banyak sekali keunggulan, nah bagi anda sekalian yang saat ini sedang menginginkan informasi mengenai manfaat sayur kol yang memang kurang diketahui oleh orang banyak, berikut ini adalah beberapa contohnya.

sayur kol

Beberapa manfaat sayur kol yang sangat berguna bagi kesehatan

1. Untuk pembentukan sel darah merah

Salah satu manfaat yang memang kurang diketahui adalah sayuran ini membantu membentuk sel darah merah. Benar sekali, sayur kol mengandung banyak sekali zat besi yang membantu produksi sel darah merah. Oleh karena itu bagi anda sekalian yang terkena anemia, maka sayur kol adalah salah satu jenis sayuran yang paling cocok untuk mengatasi anemia anda.

Makanan dengan sayur kol dan juga makanan lain yang mengandung zat besi tinggi akan membantu proses pembentukan sel darah pada tubuh anda dan akan membuat anda lebih sehat dan juga fit daripada biasanya.

Simak juga: Ketahui Manfaat Sayur Terong

2. Mencegah kanker

Manfaat yang kedua adalah bisa membantu mencegah kanker. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sayur kol memiliki banyak zat yang bisa merangsang enzim kita untuk menahan laju pertumbuhan dari sel-sel kanker atau tumor dalam tubuh kita.

Selain itu dengan banyaknya penderita kanker sudha banyak penelitian yang melakukan ini dan pada dasarnya memang kubis sangat cocok untuk memerangi sel kanker karena banyak penelitian yang menyebutkan bahwa hampir 98% orang yang mengkonsumsi kol akan lebih terhindar dari kanker.

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat lainnya adalah kandungan kaliumnya yang sangat tinggi, kandungan kalium yang tinggi ini berguna untuk mengurangi gejala tekanan darah terutama tekanan darah tinggi yang memang berbahaya karena menjadi penyebab banyak sekali penyakit mulai dari penyakit stroke, jantung dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu kalium yang tinggi di dalam sayuran kol sangat berguna untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi yang tentunya tidak semua orang tahu.

Lihat juga: Manfaat Sayur Brokoli

4. Kandungan vitamin C yang banyak

Meskipun kandungan vitamin C biasanya dimiliki oleh buah buahan namun tidak berarti sayuran juga tidak bisa memilikinya. Kol merupakan salah satu sayuran yang merupakan sumber vitamin C paling tinggi dan bisa digunakan sebagai penambah system imunitas kita.

Selain itu kandungan vitamin C juga akan membantu kita dalam mengendalikan radikal bebas yang ada di dalam tubuh membuat kita lebih sehat dan juga fit. Salah satu hal ini atau manfaat yang dimiliki oleh sayuran kola tau kubis ini juga dimiliki oleh sayuran lain terutama pare yang kandungan vitamin Cnya bisa dibilang sama besarnya dengan kol.

5. Menurunkan berat badan

Nah manfaat sayur kol yang terakhir ini mungkin bisa menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh anda sekalian karena kol dipercaya bisa menurunkan berat badan kita dengan cepat dan sehat tanpa efek samping. Mengapa demikian? Alasannya sangat mudah yaitu kol memiliki serat yang tinggi.

Baca juga: Khasiat Sayur Bayam Hijau

Oleh karena itu maka kol sangat dipercaya bisa melancarkan pencernaan kita sehingga kita bisa memulai diet kita dengan lebih sempurna. Selain itu kol juga mengandung vitamin yang pastinya akan mempermudah kita dalam menjalankan diet kita dengan sehat dan juga tanpa efek samping yang mungkin datang.

ARTIKEL TERKAIT: