Ini Penyebab Penyakit Trypophobia dan Cara Mengatasinya

advertisement
Ada salah satu jenis phobia yang sedang menjadi trend dikalangan banyak orang yakni, trypophobia yang mungkin tergolong sebagai phobia yang konyol namun tetap dapat menimbulkan rasa ketakutan yang besar dan hal ini sendiri bisa diatasi dengan mengetahui penyebab trypophobia serta cara untuk mengatasinya.

Tidak ada yang tahu pasti akan penyebab dari phobia ini, namun rasa takut yang mendera banyak orang akan hal ini datang ketika orang melihat banyak lubang terutama pada bagian anggota tubuh akibat banyak hal seperti gigitan serangga yang menyebabkan munculnya hal tersebut. Secara tidak langsung, hal tersebut tertanam didalam ingatan kita, sehingga bayangan akan munculnya hal tersebut akan menghantui kita secara terus-menerus.


Penyebab penyakit trypophobia serta cara menanggulanginya

Tidak ada yang tahu pasti akan penyebab trypophobia, namun hal ini bisa diidentifikasi dari rasa takut yang timbul akibat adanya pori-pori yang membesar atau setelah melihat lubang dalam jumlah yang banyak.

Namun, hal ini disebabkan akan bentuk visual yang biasanya anda lihat dari berbagai macam hal seperti di internet. Hal tersebut tentunya menimbulkan rasa jijik yang luar biasa terutama ketika ada orang yang menakut-nakuti anda akan hal tersebut. Secara tidak langsung hal tersebut akan terekam kedalam otak anda dan menciptakan visualisasi yang tetap ada didalam pikiran anda.

Selain di internet, ada juga penyebab lainnya yang terlihat ketika anda melihatnya lewat banyak batu karang, biji pada bagian bunga lotus, sarang semut, dan hal lainnya. Hal tersebut juga secara tidak langsung membuat banyak orang merasa enggan melihat hal itu dan akhirnya mereka akan selalu terbayang.

Karena itu, hal ini perlu ditangani dengan segera karena dapat menimbulkan efek yang luar biasa ketika anda kembali melihat hal yang sama terutama ketika anda digigit oleh serangga. Hal tersebut akan menimbulkan hal yang tidak nyata dalam pikiran anda sehingga anda akan merasa stres yang berujung pada rasa kekhawatiran yang berlebihan akan hal tersebut.

Untuk mengatasi hal yang satu ini, ada berbagai macam solusi yang telah tersedia. Pada umumnya, solusi tersebut diberikan berdasarkan terapi untuk mengatasi phobia yang ada, sehingga anda tentunya diharapkan dapat mengatasi hal tersebut dan bisa melewati berbagai macam hal yang ada ketika anda kembali dihadapkan pada bentuk yang sama.

Pertama-tama pasien akan mendapatkan teori kognitif agar dapat mengetahui mana yang nyata dan tidak nyata. Setelah teori kognitif, baru pasien akan dihadapkan pada tingkah mereka ketika menghadapi kasus yang mereka takuti. Biasanya, mereka akan dihadapkan pada beberapa hal yang mereka anggap hal tersebut sangat menjijikkan agar dapat mengatasi hal tersebut.

Setelah melakukan beberapa hal diatas, pasien tentunya akan terbiasa akan berbagai macam hal yang telah hadir bagi kita. Dengan begitu, pasien diharapkan sudah dapat mengatasi rasa takut yang akan mereka alami jika mereka kembali bertemu dengan hal yang menyebabkan hal tersebut.

Yang terpenting adalah bagaimana anda mengatur pola pikir ketika bertemu hal yang sama, karena hal tersebut tentunya tidak bisa anda pungkiri bisa saja anda temui kapanpun dan dimanapun, sehingga anda tentunya harus bisa mengendalikan diri anda agar tidak terperangkap dengan hal yang sama berulang kali. Dengan begitu, anda tentunya sudah bisa tahu akan penyebab penyakit trypophobia dan cara untuk mengatasinya agar terbebas dari rasa takut berlebihan.

ARTIKEL TERKAIT: