Manfaat Ajaib Daun Binahong untuk Kecantikan dan Kesehatan

advertisement
Ada banyak manfaat daun binahong untuk kecantikan dan kesehatan. Tanaman yang satu ini memang masih terdengar asing di telinga masyarakat. Tetapi tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Daun binahong memiliki kandungan yang cukup banyak. Misalnya seperti antioksidan, asam arkobat, total fenol serta protein yang cukup tinggi.

Kandungan-kandungan tersebut cukup berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beberapa manfaat dari daun binahong misalnya seperti mencegah stroker, mempercepat penyembuhan luka, mencegah rematik, memulihkan stamina, mencegah asam urat, menyembuhkan diabetes, melegakan sesak nafas, serta menyembuhkan luka memar.

Daun binahong
Image by Joydeep [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Berbagai macam khasiat daun binahong

Selain bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis yang telah disebutkan sebelumnya, daun binahong juga bisa digunakan dalam dunia kecantikan. Salah satu manfaat untuk kecantikan yaitu untuk mengobati jerawat. Untuk merasakan manfaatnya yang satu ini, anda akan membutuhkan 5 lembar daun binahong.

Setelah itu tumbuk hingga halus dan oleskan pada wajah. Lakukan perawatan ini secara teratur setiap malam sebelum tidur. Jika ingin merasakan hasil yang lebih maksimal, anda bisa mengambil 5-6 lembar daun binahong, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Rebus sampai tersisa sekitar satu gelas. Kemudian tambahkan madu lalu minum hingga habis.

Daun binahong tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat saja. Daun yang satu ini juga ternyata bermanfaat dalam mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit wajah, serta menghilangkan flek hitam. Agar dapat merasakan manfaat daun binahong ini, anda hanya perlu menyiapkan daun tersebut secukupnya lalu remas airnya.

Setelah itu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit, bilas wajah menggunakan air bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

Selain manfaatnya untuk kecantikan, daun binahong juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun binahong ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan kronis. Biasanya sariawan diakibatkan karena kurang vitamin. Sariawan yang berbentuk luka pada mulut ini cukup menganggu. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa minum air rebusan dari daun tersebut.

Minum air rebusan yang sudah dingin karena meminumnya dalam keadaan hangat kurang baik untuk kondisi sariawan. Selain untuk menyembuhkan sariawan, daun binahong juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa pusing. Selain itu anda bisa memanfaatkan daun ini untuk mengobati luka berdarah. Caranya yaitu dengan menumbuk atua mengunyah daun binahong hingga halus. Setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang luka atau bengkak secara merata.

Lakukan secara berulang pada luka yang masih basah atau parah. Daun binahong juga baik dalam mencegah stroke, asam urat, serta mengatasi luka bekas operasi, sakit maag, atau typus. Untuk itu, anda akan membutuhkan 5 lembar daun binahong. Kemudian rebus daun tersebut dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa sampai setengahnya.

Tambahkan madu sebanyak 1 sendok teh kemudian minum secara rutin setiap sehari sekali sebanyak satu gelas. Untuk anda yang mengalami pendarahan kecil seperti mimisan, air rebusan daun binahong bisa membantu mengatasi hal ini. Minumlah air rebusan dalam keadaan hangat untuk menambah stamina. Cara ini aman untuk kesehatan tubuh.

ARTIKEL TERKAIT: