Beragam Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan yang Mengagumkan

advertisement
Ternyata ada begitu banyak manfaat daun kenikir yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya. Daun yang satu ini kerap kali dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal ada banyak kandungan yang baik untuk kesehatan manusia.

Kandungan-kandungan yang ada di daun kenikir antara lain seperti tokoferol, polifenol, flavonoid, hidroksieugenol, mineral, kalsium, manesium, saponin, terpenoid, dan lain sebagainya. Untuk anda yang penasaran dan ingin mengetahui khasiat daun kenikir yang memiliki Cosmos caudatus, berikut ini akan dibahas lebih dalam lagi.

daun kenikir
Image by Eric Chan W.C. [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Kegunaan daun kenikir bagi kesehatan

Salah satu manfaat yang cukup mengagumkan yaitu untuk obat lemah jantung. Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam kenikir berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Bagi jantung, senyawa flavonoid ini berfungsi untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Untuk merasakan manfaat yang satu ini, anda bisa merebus 5 lembar daun kenikir dengan menggunakan 250 ml air. Setelah itu minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali sehari.

Selain itu, kandungan tokoferol, hidroksieugenol, dan polifenol dalam daun kenikir bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Sehingga daun ini bisa dimanfaatkan sebagai obat maag dan lemah lambung.

Untuk merasakan manfaat daun kenikir bagi lambung, anda bisa merebus daunnya menggunakan garam dan memakannya dalam bentuk lalapan. Zat-zat yang ada dalam daun kenikir juga berfungsi untuk menguatkan otot sphingter lambung. Dimana otot ini bekerja untuk menerima berbagai macam asupan makanan tanpa membahayakan lambung.

Daun kenikir yang memiliki nama lain "ulam raja" ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin A dan E yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Selain itu kenikir juga memiliki kandungan senyawa protein yang akan membantu pembentukan fagosit untuk imun tubuh. Kandungan vitamin C juga akan membantun meningkatkan metabolisme tubuh.

Tulang merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh. Tulang harus dijaga sejak dini agar tidak keropos ketika kita sudah tua nanti. Anda bisa menguatkan tulang dengan cara menggunakan daun kenikir. Nah, salah satu manfaat dari tumbuhan tropis ini adalah untuk menguatkan tulang.

Kandungan mineral, kalsium dan magnesium yang tinggi membantu pertumbuhan tulang. Untuk merasakan manfaat yang satu ini, anda bisa mengkonsumsi langsung daun kenikir dalam bentuk lalapan atau meminum air rebusan daun kenikir kemudian dicampur dengan madu. Sehingga anda akan merasakan manfaat dari madu juga.

Daun kenikir juga bisa diberikan pada anak yang kurang nafsu makan. Bisa juga diberikan kepada orang yang baru operasi, untuk mengembalikan stamina tubuh. Untuk merasakan manfaat ini, daunnya bisa dikonsumsi secara langsung. Kandungan senyawa kuersetin akan membantu meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, daun kenikir ternyata juga bisa mengatasi bau mulut. Hal ini karena terdapat kandungan koniferil alkohol yang memiliki fungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa dalam makanan. Senyawa tersebut akan membantu membersihkan area lidah air ludah dari bakteri penyebab bau mulut.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mengkonsumsi daun kenikir dalam bentuk mentah setelah dicuci bersih. Setelah itu kunyah selama 20-30 detik, kemudian kumur. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi daun kenikir dengan cara direbus menggunakan garam. Setidaknya 2 kali sehari.

ARTIKEL TERKAIT: