Manfaat Ajaib Daun Sirsak untuk Diabetes & Cara Menggunakannya

advertisement
Nampaknya sudah banyak orang yang tidak asing dengan manfaat daun sirsak untuk penderita diabetes. Daun ini memang sudah sejak lama dikenal khasiatnya untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bukan hanya buah sirsak saja yang dimanfaatkan, tetapi juga daunnya.

Daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya seperti serat, kalsium, fosfor, lemak, kalium, vitamin C, air, dan karbohidrat. Zat-zat tersebut merupakan zat yang sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah diabetes.

Selain mengobati diabetes melalui medis, pengobatan penyakit ini juga bisa dibantu dengan menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan daun sirsak.

daun sirsak
Image by Fpalli [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Apa saja kegunaan daun sirsak?

Sebelum anda mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat daun sirsak, mungkin ada baiknya jika anda terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis penyakit diabetes. Pertama adalah diabetes melitus dengan tipe 1.

Pada tipe 1, diabetes disebabkan oleh karena berkurangnya rasio insulin dalam darah karena sel beta yang menghilang. Sel beta ini memiliki fungsi untuk memproduksi insulin pada langerhans pankreas.

Lalu ada diabetes melitus tipe 2. Pada tipe 2, penyebab dari diabetes adalah karena adanya kelainan pada metabolisme yang disebabkan oleh mutasi pada banyak gen. Pada tipe 2 ini, penyakit bisa diobati dengan cara rajin melakukan olahraga sehingga berat badan lebih terjaga. Selain itu diet dalam mengkonsumsi asupan karbohidrat yang berlebih perlu juga dilakukan.

Masih ada lagi tipe dari diabetes melitus. Pada tipe 3, penyakit diabetes ini lebih sering dialami oleh para ibu hamil dan biasanya akan pulih setelah melahirkan. Tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit diabetes yang diderita oleh ibu akan mempengaruhi kehamilannya apabila pola makan tidak dijaga dengan teratur.

Untuk dapat merasakan khasiat daun sirsak, maka ada dua jenis ramuan yang mungkin bisa anda coba. Ramuan yang pertama, anda akan membutuhkan 10 lembar daun sirsak yang masih segar. Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa 1 gelas. Setelah itu minum ramuan tersebut dalam keadaan hangat. Agar khasiatnya lebih terasa, akan lebih baik jika anda minum secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan ramuan ‘kering’. Pada ramuan yang satu ini, anda akan membutuhkan 10 lembar daun sirsak. Maksud dari ramuan ‘kering’ adalah anda harus menjemur daun sirsak terlebih dahulu hingga benar-benar kering.

Setelah itu giling hingga benar-benar halus seperti tepung. Setelah itu daun sirsak yang sudah menjadi bubuk tersebut diseduh dengan menggunakan air panas. Supaya rasanya lebih enak, anda bisa menambahkan sedikit madu murni. Kemudian minum secara teratur setiap dua kali sehari, pagi dan sore.

Tentunya agar anda mendapatkan hasil yang maksimal, ramuan-ramuan yang dijelaskan di atas perlu untuk dikonsumsi secara rutin. Pasalnya jika tidak maka akan percuma. Untuk menemukan daun sirsak bukan lagi menjadi hal yang sulit. Karena pohon sirsak juga mudah untuk ditemukan  di sepanjang jalan. Cara membuat ramuan daun sirsak untuk mengobati penyakit diabetes juga mudah dan tidak terlalu sulit.

ARTIKEL TERKAIT: