Sejuta Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan yang Menakjubkan

advertisement
Tahukah anda manfaat daun bidara? Nama tumbuhan ini memang belum terlalu familiar dan juga dikenal oleh banyak orang. Akan tetapi perlu kita ketahui bahwa daun yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia. Pada zaman dahulu kala, daun bidara digunakan untuk memandikan jenazah.

Bahkan Nabi Muhammad SAW dahulu menggunakan daun bidara untuk menjaga kesehatan tubuh. Tentunya anda menjadi bertanya-tanya sebenarnya apa saja manfaat dari tumbuhan yang memiliki nama lain widara. Daun ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Bagi anda yang merasa penasaran dan ingin tahu, berikut ini akan dibahas lebih dalam.

daun bidara
Image by Wibowo Djatmiko [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Kegunaan Daun Bidara untuk Kesehatan

Daun bidara ternyata memiliki senyawa antibakterial yang sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit. Terutama penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Misalnya seperti influenza, flu babi, flu burung, bahkan hingga HIV/AIDS. Selain itu, daun bidara juga kaya akan senyawa antioksidan yang sangat tinggi.

Kandungan yang satu ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak terserang berbagai penyakit. Daun bidara juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit lambung seperti maag bahkan hingga kanker lambung. Tumbuhan ini juga dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskuler yang berbahaya. Termasuk juga diabetes melitus, baik tipe 1 atau tipe 2. Hal ini karena daun bidara memiliki glikemik yang sangat rendah.

Tentunya masih ada lagi khasiat daun bidara untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Untuk anda yang memiliki masalah pada mulut, misalnya seperti sariawan, bibir pecah-pecah, gusi berdarah, dan masih banyak lagi, daun bidara bisa digunakan untuk mengobati masalah tersebut.

Selain itu masalah penyakit berat seperti pertumbuhan jaringan abnormal, kanker, tumor, kista dan lain sebagainya juga bisa anda obati dengan tumbuhan yang hidup di daerah kering ini. Tanaman yang satu ini lebih berperan sebagai pencegah dari penyakit-penyakit tersebut. Daun bidara juga ternayta berguna sebagai antiseptik. Sehingga dapat digunakan juga untuk mengobati luka, baik luka baru maupun luka yang sudah lama.

Ternyata daun bidara juga dapat berguna untuk memperbaiki sel-sel yang mengalami kerusakan. Sehingga organ tersebut bisa bekerja secara maksimal lagi. Manfaat lain dari tanaman yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana ini yaitu pada daun bidara yang masih muda dan segar bisa digunakan untuk mengatasi masalah kewanitaan. Misalnya seperti keputihan, haid yang tidak normal, dan lain sebagainya.

Tentunya lebih alami dan aman. Jauh dari efek samping. Untuk anda pasangan yang sudah lama menikah dan memiliki masalah ketika berhubungan intim, daun bidara bisa membantu anda. Pasalnya daun ini memiliki kandungan yang dapat mengatasi lemah syahwat dan ejakulasi dini.

Masih ada lagi kandungan dari tanaman ini yang baik untuk kesehatan. Daun bidara memiliki kandungan mineral kalsium yang sangat tinggi dan efektif dalam merawat dan menguatkan kesehatan tulang ataupun gigi. Selain itu juga ternyata bisa menjadi obat alami dalam mengobati demam panas ataupun dingin. Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak balita.

Daun bidara juga sangat efektif dalam mengatasi peradangan pada area kulit ataupun organ yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, tanaman ini juga berguna untuk mengatasi bisul maupun ambeien.

Nah, setelah mengetahui banyaknya manfaat dari tanaman ini, mungkin sekarang sudah saatnya untuk anda membudidayakan tanaman dengan nama ilmiah Ziziphus mauritiana ini. Sehingga manfaat daun bidara pun bisa kita rasakan setiap saatnya tanpa harus berpusing pusing mencarinya.

ARTIKEL TERKAIT: