Ini Dia Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan yang Menakjubkan

advertisement
Terdapat begitu banyak manfaat daun binahong. Mungkin tanaman yang satu ini belum terlalu familiar di telinga anda semua. Padahal sebenarnya, daun ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal.

Terutama dalam dunia kecantikan dan kesehatan. Terdapat banyak kandungan berguna dalam daun binahong. Mulai dari antioksidan, asam arkobat, total fenol serta protein yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan dalam daun binahong tersebut sangat berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Misalnya seperti mencegah stroke, mencegah rematik, memulihkan stamina, mencegah asam urat, melegakan sesak nafas, menyembuhkan diabetes, menyembuhkan luka memar, dan lain sebagainya.

Daun binahong
Image by Thedonz [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Banyaknya manfaat daun binahong yang perlu diketahui

Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat sariawan kronis. Sariawan tidak jarang terjadi karena kurang vitamin. Sariawan dengan bentuk luka akan sangat menganggu. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa minum air rebusan daun binhaong yang sudah dingin.

Tidak hanya menyembuhkan sariawan, daun ini juga dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pusing. Bisa juga digunakan untuk mengobati luka berdarah. Caranya dengan menumbuk daun binahong hingga halus, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang luka atau bengkak secara merata.

Lakukan cara ini pada luka yang masih basah atau parah secara teratur setiap harinya maka niscaya setelah beberapa hari luka sobat akan segera sembuh tanpa efek samping. Manfaat lainnya adalah untuk mencegah stroke, asam urat, serta mengatasi luka bekas operasi, sakit maag, atau typus.

Agar bisa merasakan manfaat yang satu ini, anda bisa merebus 5 lembar daun binahong dengan menggunakan 2 gelas air. Rebus sampai tersisa setengahnya. Setelah itu tambahkan 1 sendok teh madu dan minum secara rutin setiap sehari sekali sebanyak satu gelas.

Daun binahong juga bisa mengatasi pendarahan kecil seperti mimisan. Minum air rebusan dalam keadaan hangat untuk menambah stamina. Cara ini dijamin aman untuk kesehatan tubuh. Tetapi kegunaan daun binahong tidak hanya sampai disitu saja.

Daun ini ternyata masih memiliki banyak manfaat. Bahkan tidak hanya dalam dunia kesehatan, tetapi juga dunia kecantikan. Selain bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis yang telah disebutkan sebelumnya, daun ini juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat.

Agar bisa merasakan khasiat daun binahong yang satu ini, anda hanya perlu menumbuk halus daun binahong kemudian dioleskan pada wajah. Lakukan perawatan ini setiap sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, anda bisa melakukan perawatan sekaligus minum air rebusan daun binahong secara rutin.

Agar terasa lebih manis tetapi masih tetap sehat, anda bisa menambahkan madu ke dalam rebusan air binahong. Setelah itu minum hingga habis setiap hari, sambil masih melakukan perawatan. Tentunya masih ada lagi manfaat daun yang memiliki nama ilmiah Anredera cordifolia ini,dalam dunia kecantikan. Misalnya saja seperti mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit wajah, serta menghilangkan flek hitam.

Agar bisa merasakan manfaat yang satu ini, anda hanya perlu menyiapkan daun binahong secukupnya. Kemudian remas hingga keluar airnya. Setelah itu oleskan pada wajah hingga merata. Diamkan selama kurang lebh 20 menit. Jika sudah lewat 20 menit, anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air bersih.

Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan banyaknya manfaat daun binahong bagi tubuh, mungkin sekarang sudah saatnya bagi anda untuk mengenal daun ini lebih dekat dan mulai membudidayakan tanaman ini

ARTIKEL TERKAIT: