Sejuta Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

advertisement
Anda tentu tidak akan menyangka bahwa ada banyak sekali manfaat daun kelor. Pada dasarnya, daun kelor merupakan jenis tanaman herbal yang memiliki senyawa-senyawa yang mampu memberikan nutrisi untuk tubuh.

Daun kelor dipercaya memiliki kandungan polyphenol yang tinggi dan mampu bekerja sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh manusia dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu daun ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit manusia.

Nah tentunya, tidak hanya ini saja manfaat yang dimiliki oleh daun yang satu ini, oleh karena itu berikut ini akan kami berikan beberapa kegunaan daun kelor untuk kesehatan kita.

Daun kelor
Image by Hari Prasad Nadig [Creative Commons], via Flickr

Macam-macam manfaat daun kelor

Jika ingin mengkonsumsi daun kelor, tidak perlu kebingungan. Anda tidak harus mengunyah langsung secara mentah. Kebanyakan daun ini diolah menjadi minuman seperti teh. Sehingga lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh dan manfaatnya masih bisa terasa. Manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari teh daun kelor misalnya adalah untuk diet.

Jika anda ingin langsing dengan cara yang sehat, silahkan mengkonsumsi teh daun kelor. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh daun kelor baik untuk menangani pencernaan. Daun ini memiliki efek merangsang metabolisme untuk lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat. Karena teh kelor juga diserap ke dalam usus.

Khasiat daun kelor juga untuk menguatkan bagian tubuh agar bisa tetap pro aktif sepanjang hari. Otomatis tubuh akan terasa lebih sehat dan berenergi. Daun kelor yang diolah menjadi teh juga memiliki peran penting dalam memeliharan otak dan mata.

Ternyata teh daun kelor juga turut membantu fungsi ginjal dan hati. Sehingga fungsi ekskresi pun bisa berjalan dengan sehat dan normal. Daun kelor yang merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae ini pun bisa membantu anda dalam perawatan rambut. Dengan mengkonsumsi daun ini, rambut menjadi terlihat lebih hidup dan mengkilap. Hal ini karena adanya asupan nutrisi yang tepat dari olahan daun tanaman ini.

Tidak hanya baik untuk hal-hal sepele saja, daun ini juga berguna untuk mencegah penyakit kronis. Sebuah studi menunjukkan bahwa salah satu manfaat daun yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera untuk kesehatan adalah mencegah kerusakan jantung.

Dalam penelitian juga dilakukan pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari, selama 30 hari, hasilnya adalah tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung yang dilindungi dari kerusakan struktural.

Dari penelitian ini lah, para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor mampu menawarkan manfaat yang cukup siginifikan bagi kesehatan jantung. Selain itu juga ternyata dipercaya mampu mematikan sel kanker serviks pada tubuh manusia. Ekstrak daun kelor bisa mencegah pertumbuhan serta reproduksi sel-sel kanker secara alami.

Banyaknya manfaat berguna dari daun ini tentu menggoda anda untuk mengkonsumsinya. Meskipun begitu, daun kelor harus digunakan dengan tepat agar tetap aman ketika diminum. Daun, buah, dan biji-bijian kelor aman untuk dimakan. Sedangkan untuk bagian akar sebaiknya dihindari. Pasalnya bagian akar tanaman yang satu ini beracun dan bisa menyebabkan kelumpuhan serta kematian.

Selain itu daun kelor juga kurang cocok untuk ibu hamil. Meskipun beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun kelor bisa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Namun belum ada informasi lain yang mendukung akan hal ini.

ARTIKEL TERKAIT: