Beberapa Cara Alami Mencegah Flu yang Sederhana

advertisement
Di tengah cuaca yang seringkali tidak menentu seperti ini, cara mencegah flu benar-benar dibutuhkan. Flu memang kedengarannya sepele, tapi jika anda tidak segera mengatasi penyakit ini, maka akan benar-benar menganggu kegiatan sehari-hari.

Tentunya anda tidak ingin hal ini sampai terjadi bukan? Selain itu, flu juga bisa menyebar ke orang-orang di sekitar anda. Sehingga penyakit ini sebaiknya segera diatasi agar orang-orang di sekitar anda tidak ketularan.

Untuk mencegah penyakit flu sebenarnya tidak terlalu sulit, anda hanya harus lebih disiplin dalam menjaga gaya hidup dan tentunya selektif dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa tips dalam mencegah flu.

Flu

Tips Mudah Mencegah Flu

Bukan hal yang asing lagi bahwa minum air putih merupakan kebiasaan yang baik untuk kesehatan manusia. Air putih memiliki segudang manfaat, diantaranya adalah untuk mengobati flu atau pilek. Biasakan diri anda untuk minum air putih paling tidak 8 gelas per hari. Sehigga tenggorokan anda pun akan bersih dari kuman yang menyebabkan flu.

Cara mencegah penyakit influenza atau flu yang lainnya juga memperbanyak minum air hangat atau minuman yang hangat. Hal ini ampuh juga jika anda sedang mengalami flu. Pasalnya ketika flu, ada banyak cairan yang terbuang. Maka untuk mengganti cairan, rajinlah minum air hangat. Cairan yang hangat juga dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, serta melegakan tenggorokan.

Tidak jarang orang terkena flu karena mengalami kelelahan. Jika anda sudah merasakan tanda-tanda flu di tengah kesibukan bekerja, sebaiknya sempatkan waktu untuk berisitirahat sejenak. Tidurlah selama beberapa jam dan minum air hangat. Jika merasa pusing, cobalah untuk minum obat lalu memijat kepala anda selama beberapa menit.

Untuk pencegahan flu juga, anda sebaiknya rajin mengkonsumsi buah serta sayuran yang kaya akan vitamin. Tujuannya sudah pasti untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena virus. Vitamin dan mineral juga berguna untuk mengembalikan kondisi tubuh serta memperbaiki sistem kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit lainnya.

Jika sudah mulai terasa diserang oleh flu, hidung mulai mampet dan tenggorokan terasa sakit, anda bisa melakukan beberaap terapi. Misalnya dengan menggunakan aroma bawang. Aroma bawang, baik bawang merah atau bawang putih dapat berfungsi sebagai katali untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung.

Caranya juga sangat mudah, anda cukup memegang bawang di bawah lubang hidung yang sedang mampet. Hirup aromanya selama kurang lebih 5 menit. Masih ada lagi cara untuk mencegah flu agar tidak semakin parah. Cobalah untuk menggunakan aroma mentol atau mint. Mudah saja, anda tinggal mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung. Bagian dada, dan tenggorokan.

Jika cuaca sedang tidak menentu atau udara terasa dingin, jangan paksakan diri mandi dengan air dingin. Karena bisa berakibat buruk bagi tubuh anda. Gunakan air hangat jika ingin mandi agar menjaga tubuh tetap hangat. Sebelum tidur biasakan juga diri anda untuk berkumur, tujuannya agar mulu bersih dari bakteri jahat penyebab flu.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Flu

Sehingga bakteri tersebut tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, kunyit jahe, dan cuka apel agar hasilnya maksimal. Terakhir, jangan lupa untuk minum vitamin C. Kedengarannya sepele, tapi vitamin C baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena banyak orang yang enggan makan sayuran sehingga asupan vitamin yang dibutuhkan pun kurang.

ARTIKEL TERKAIT: