Beberapa Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan Tubuh

advertisement
Tahukah anda apa saja manfaat terong belanda? Nama buah yang satu ini mungkin sudah cukup familiar di telinga kita semua. Terong belanda yang juga disebut sebagai tomat pohon merupakan buah yang berasa dari daerah Andes Ekuador, Peru, Bolivia, Kolombia, dan Chile.

Tetapi terong belanda juga bisa tumbuh di daerah subtropis, seperti Cina, Hongkong, Selandia Baru, Australia, dan lain sebagainya. Terong belanda memiliki kulit yang tipis dan licin serta biji yang bulat pipih, keras, dan tipis. Beberapa kandungan dalam terong belanda antara lain seperti fosfor, zat besi, energi, karbohidrat, vitamin A dan C, magnesium, protein, kalsium, serat, lemak, dan juga air.

Khasiat Terong Belanda untuk Kesehatan

Bukan hal yang asing lagi bahwa vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Terong belanda sangat kaya akan vitamin A yang baik untuk mata. Mengkonsumsi terong belanda, maka anda sekaligus menjaga kesehatan mata agar terhindar dari masalah mata. Vitamin A juga berfungsi untuk mencegah katarak sekaligus meningkatkan kualitas penglihatan pada mata.

Ternyata terong belanda juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker. Hal ini mungkin terjadi karena terong belanda memiliki kandungan zat licopen yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel yang bisa menyebabkan kanker. Zat ini juga sekaligus menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Tubuh sangat memerlukan asupan vitamin C. Kekurangan vitamin C bisa membuat kita terserang penyakit seperti sariawan dan panas dalam. Salah satu manfaat terong belanda adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Dengan begitu anda akan terhindar dari penyakit seperti sariawan, sakit tenggorokan, atau panas dalam.

Selain itu vitamin C juga berguna untuk memberikan nutrisi pada kulit. Kekurangan vitamin C bisa membuat kulit terlihat kusam dan kering. Kandungan zat besi dalam buah ini juga berguna untuk penyakit anemia. Ketika terserang anemia atau kekurangan sel darah merah, maka seseorang akan merasakan gejala letih, lemah, lesu, lunglai, dan tidak bersemangat. Maka dari itu asupan zat besi harus dipenuhi.

Kandungan lain dalam terong belanda, seperti magnesium, potasium, serta fosfor ternyata berguna untuk pertumbuhan tulang. Terong belanda juga baik untuk melancarkan pencernaan. Dengan minum jus terong belanda, pencernaan bisa lebih lancar sekaligus menghilangkan resiko terhadap gangguan pencernaan. Seperti sembelit dan diare.

Ternyata masih ada lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari terong belanda. Jika anda memiliki penyakit maag, buah yang satu ini bisa mengatasi masalah anda. Terong belanda bisa meredakan rasa sakit karena maag secara alami. Hal ini karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga bisa membantu mengurangi gejala sakit maag dan mencegah kambuh kembali.

Zat likopen yang ada pada terong belanda tidak hanya berfungsi sebagai zat anti kanker. Licopen juga berguna sebagai antioksidan dalam tubuh. Dimana antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, mencegah munculnya berbagai macam penyakit, sekaligus meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh.

Baca juga: Ragam Manfaat Sayur Terong

Terong belanda biasanya diolah menjadi jus yang segar. Buah yang satu ini memiliki rasa asli yang asam. Rasa asam ini justru dapat menyegarkan tubuh. Cobalah untuk minum jus terong belanda ketika cuaca sedang panas. Dijamin anda akan merasa lebih segar. Selain dibuat jus, terong belanda bisa juga dikonsumsi secara langsung. Atau menjadi campuran dalam es atau sop buah. Rasanya tentu saja tetap menyegarka.

ARTIKEL TERKAIT: