Inilah Makanan dan Minuman Penyebab Beser jika Dikonsumsi Berlebihan

advertisement
Beser memang cukup menyebalkan. Bagaimana tidak, karena disebabkan dari makanan atau minuman tertentu yang kita konsumsi, kandungan kemih menjadi terlalu aktif sehingga memicu rasa tiba-tiba ingin buang air kecil atau biasa yang disebut beser.

Banyak faktor yang memicu terjadinya beser, namun kebanyakan adalah dari makanan dan minuman tertentu yang kita konsumsi jumlahnya terlalu berlebihan sehingga menimbulkan masalah tersebut. Apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut adalah uraiannya.

#1 Minuman bersoda

Penyebab beser biasanya adalah terlalu berlebihan meminum minuman berkarbonasi seperti air soda, sparkling drink dan lainnya yang bisa membuat kandung kemih teriritasi dan akhirnya sensitif sehingga membuat orang ingin sering buang air kecil.

Maka dari itu, sebaiknya jika ingin minum minuman bersoda secukupnya saja, jangan berlebihan.

#2 Kafein

Bagi Anda yang setiap harinya gemar minum kopi, teh, dan minuman berenergi, mungkin secara tidak sadar Anda sering keluar masuk kamar mandi karena ingin buang air kecil terus menerus.

Ini karena minuman yang mengandung asam jika dikonsumsi lebih sering dan banyak bisa membuat beser. Sebaiknya kurangi konsumsi minuman tersebut atau alternatifnya bisa minum kopi rendah asam.

#3 Buah jenis sitrus

Tahukah Anda kalau buah-buahan jenis sitrus seperti halnya jeruk, anggur, lemon, dan limau itu mengandung asam yang dapat mempengaruhi kandung kemih yang berimbas kepada anda yang menjadi lebih sering buah air kecil. Maka dari itu, kurangi jumlah konsumsinya, ya!

#4 Nanas

Nanas termasuk buah yang bersifat asam seperti sitrus yang jika dikonsumsi oleh seseorang yang kandung kemihnya sensitif maka akan menyebabkan beser. Jika anda ingin tetap mengonsumsinya, silakan secukupnya saja.

#5 Tomat

Gejala Overactive Bladder (OAB) adalah sebuah kondisi yang menyebabkan kandung kemih terdesak untuk segera buang air kecil. Nah, tomat bisa menjadi penyebab beser semakin parah apabila dikonsumsi berlebihan dalam makanan yang mengandung tomat tersebut.


#6 Kurangi makan makanan manis

Pemanis buatan dan gula juga bisa menjadi penyebab munculnya beser. Dengan mengonsumsi secukupnya saja sudah bisa meminimalisir kemungkinan beser terjadi.
via Liputan6

ARTIKEL TERKAIT: