Inilah Perbedaan Waktu Antara Indonesia dengan Korea Selatan/Utara

advertisement
Korea, negara yang terletak di Asia Timur ini terbagi menjadi dua negara, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara yang keduanya tentu memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Tentang Korea Selatan

Sebagai salah satu negara maju di benua Asia, Korea Selatan (Korsel) adalah negara yang cukup banyak digemari travelers dari berbagai negara termasuk Indonesia. Pemandangannya yang indah dan berbagai hal uniknya yang mungkin tidak ada di negara lainnya kemungkinan besar itu adalah alasan mereka memilih pergi berlibur ke negara tersebut.

Namun kebanyakan masyarakat Indonesia yang mengenal negara Korea Selatan hanya karena drama dan K-popnya. Padahal masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kita ketahui.

Terlepas dari itu semua, negara dengan luas 100.210 km persegi ini sekitar 70% wilayahnya adalah dataran tinggi dan sisanya dataran rendah.

Jarak antara ibu kota Indonesia, Jakarta dan Korea Selatan, Seoul adalah 3287.40 Miles atau atau 5290.41 Kilometers. Korea Selatan mempunyai 4 jenis musim yakni musim semi (akhir Maret sampai awal Mei), musim panas (Juni hingga Agustus), musim gugur (September hingga bulan November), dan musim dingin (Desember hingga bulan Februari).

Waktu di Korea Selatan dan Jakarta

Perbedaan waktu antara Korsel dan Indonesia tidak jauh, yakni hanya 2 jam saja. Jadi, kalau seandainya ketika waktu di Korsel pukul 04:00 Rabu pagi, maka saat itu berarti di Jakarta adalah pukul 02:00 Rabu pagi

Zona waktu standar di Korsel (dan Korut) adalah UTC+9. Ini berarti jika saat tengah malam pukul 00:00 UTC maka tentu di Korea adalah pukul 09:00 pagi. Perlu diketahui juga bahwa waktu standar Korea sama dengan Waktu Indonesia Timur (WIT) yaitu sama-sama UTC+9.

Tentang Korea Utara

Anda pasti pernah mendengar sebuah negara beranama Korea Utara, kan? namun jika dibandingkan dengan Korea Selatan yang mempunyai hal menarik terkenal seperti yang sudah dijelaskan di atas, apakah Anda juga tahu hal menarik apa sajakah yang ada di Korut?

Kemungkinan besar hanya sedikit orang yang benar-benar mengetahui seputar Korut.

Sebagai salah satu negara komunis, Korea Utara yang memiliki nama resmi Republik Demokrasi Rakyat Korea ini letaknya disebelah utara Semenanjung Korea. Negara yang beribukotakan Pyongyang ini.

Negara seluas 120.540 km persegi ini memang lebih luas dibanding Korsel, namun dari segi kesejahteraan masyarakatnya justru tergolong rendah. Hal tersebut, juga merupakan alasan mengapa negara tertutup yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini tidak jarang mendapatkan kecaman dari organiasasi HAM internasional.

Korut mempunyai 4 musim yakni musim dingin yang panjang namun berpadu dengan turunnya salju, musim panas yang singkat, musim semi. dan musim gugur.

Waktu di Korea Utara dan Jakarta

Perbedaan waktu Korut dan Indonesia sangat dekat yakni hanya 1 jam 30 menit saja. Jadi, seandainya di Jakarta pukul 09:00 pagi maka sudah pasti di Korut pukul 10:30.

ARTIKEL TERKAIT: