5 Trik Mengatasi Susah BAB yang Bisa Diterapkan Sekarang

advertisement
Berapa kali Anda buang air besar dalam sehari atau beberapa hari? Jika dulu biasanya Anda bisa BAB secara rutin misalnya satu atau dua hari sekali, namun tiba-tiba sudah seminggu Anda rasakan tidak BAB, ini menandakan tubuh Anda mengalami gangguan pencernaan karena gaya hidup yang kurang sehat.

Pernah merasa ingin BAB namun merasa sulit BAB, ini juga karena pengaruh dari pola hidup yang Anda jalani. Berikut ini ada 4 tips mengatasi susah BAB yang bisa Anda terapkan mulai sekarang.

#1 Menjaga pola makan

Menjaga pola makan memang penting untuk kesehatan tubuh. Namun bagi sebagian orang untuk bisa "makan secara benar" yaitu mengonsumsi buah dan sayur secara rutin mungkin cukup sulit.

Namun setidaknya Anda bisa mengusahakan untuk mengonsumsi salah satunya dari kedua makanan tersebut (buah atau sayur) secara rutin demi membantu melancarkan BAB.

#2 Perhatikan asupan air putih

Semua orang sudah tahu banyak manfaat dari minum air putih. Selain menghilangkan rasa haus dan dehidrasi, yaitu adalah membantu mangatasi susah BAB.

Maka dari itu mulai sekarang cobalah melakukan gaya hidup sehat dengan minum air putih dengan takaran sesuai kegiatan Anda setiap harinya atau mungkin setidaknya 8 gelas per hari.

#3 Berolahraga

Meskipun hampir setiap harinya Anda sibuk kerja, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk berolahraga di hari libur Anda.

Salah satu gerakan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan adalah jogging. Hanya dengan berlari kecil dan santai Anda bisa melancarkan sistem pencernaan di tubuh Anda.

#4 Latihan napas

Latihan napas mempunyai tujuan untuk menghilangkan stres yang Anda alami. Ini karena stres bisa berdampak negatif terhadap kesehatan Anda termasuk mengganggu sistem pencernaan.

Masalah atau apa pun itu yang membuat stres bisa Anda turunkan sedikit demi sedikit dengan melakukan latihan napas, meditasi, dan relaksasi seperti pijat yang bisa membuat tubuh menjadi rileks.
via Liputan6

ARTIKEL TERKAIT: