7 Tips: Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

advertisement
Pada postingan ini saya ingin membahas tentang cara mencegah munculnya penyakit Breast Cancer atau biasa disebut oleh masyarakat indonesia dengan nama kanker payudara. Tulisan ini saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Penyakit kanker yang terjadi pada jaringan payudara ini tentu mengerikan khususnya pada wanita karena pria hanya kemungkinan kecil terkena penyakit ini. Sulitnya untuk diketahui penyakit ini ketika masih awal tentu membuat para wanita was was.

Mak dari itu, dengan mencegah penyakit kanker payudara ini muncul adalah cara terbaik yang bisa kita lakukan.

7 Tips: Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Tips Mencegah Kanker Payudara:

1). Hindari Paraben
Sering disebut juga Methylparaben, yaitu sebenarnya merupakan sebuah produk alam, namun karena digunakan secara massal, sekarang paraben diproduksi juga secara sintesis dan merupakan zat pengawet. Yang apabila diberikan kepada produk kosmetik dan juga beberapa makanan, akan dapat mengawetinya hingga lama, mencegah munculnya jamur, bakteri, dan lain sebagainya.

Paraben dianggap berbahaya karena memang ia dapat menyerupai hormon tubuh seperti estrogen. Yang jika zat pengawet ini masuk ke dalam tubuh kita maka bisa meningkatkan risiko penyakit kanker payudara.

2). Hindari BPA
Kepanjangannya adalah Bisphenol A yaitu merupakan senyawa yang berbasis karbon sintetik seperti karsinogen (zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker). BPA ini banyak digunakan dalam pembuatan botol plastik, dot bayi, dan lainnya. Menghindarinya adalah salah satu cara mencegah kanker payudara ini muncul.

3). Olahraga
Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa aktivitas fisik olahraga ini memberikan banyak sekali manfaat pada tubuh yang tentu bisa menangkal berbagai penyakit. Tidak perlu kesulitan untuk dapat berolahraga rutin setiap hari, hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit saja bisa menangkal kanker payudara. Anda juga bisa melakukan latihan Aerobik lainnya.

4). Makan Buah & Sayuran
Dengan mengonsumsi makanan sehat dan penuh gizi tentu akan dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Terlebih apabila buah dan sayuran tersebut mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan juga tentu membuat penyakit kanker payudara tidak berani mengenai tubuh kita.

5). Makan Ikan
Beberapa jenis ikan yang mengandung omega 3 seperti; salmon, tuna, sarden, makarel, dan juga herring dapat mencegah berbagai penyakit.

6). Mengonsumsi Minyak Zaitun
Sebuah jenis minyak yang berasal dari buah zaitu ini ternyata juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh karena merupakan lemak sehat, sehingga sangat baik jika dikonsumsi, dan tentu dapat memerangi dan mencegah kanker payudara.

Silakan simak juga: Ciri Penyakit Kanker Payudara.

7). Mendeteksi Hormon Estrogen
Ya walaupun memberikan juga manfaat positif, namun beberapa bentuk tertentu dari kanker payudara menggunakan estrogen sebagai hormon pertumbuhan dan jika terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai macam kanker. Maka dari itu, deteksi estrogen di rumah sakit menjadi hal penting yang harus dilakukan. Konsultasikan kepada dokter tentang cara menurunkan kadar estrogen agar dapat terhindar dari penyakit kanker payudara.

Semoga bermanfaat dan Salam Sehat! :)

ARTIKEL TERKAIT: