Apa Penyebab Timbulnya Jerawat di Muka? Hindari Kebiasaan ini!

advertisement
"Apa sih Penyebab Timbulnya Jerawat?". Seperti yang kita semua ketahui bahwa Penyakit kulit jerawat di wajah yang amat sakit ketika tersentuh dan juga menyebalkan ini paling banyak dialami oleh para remaja yang kelebihan produksi minyak pada muka.

Cobalah untuk tidak memencet Acne jika tidak ingin penyakit kulit ini semakin membandel. Ya, salah satu dari sekian banyak faktor penyebab munculnya jerawat adalah pori kulit yang tersumbat.

Apa Penyebab Timbulnya Jerawat di Muka? Hindari Kebiasaan ini!

Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

1). Menggunakan Make-up Saat Berolahraga
Kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh wanita yang selalu ingin terlihat "Anggun" walaupun sedang berolahraga :D. Ketahuilah bahwa keringat yang anda hasilkan ketika berolahraga, serta debu dan juga kosmetik yang anda gunakan dapat memungkinkan penyakit kulit jerawat yang menyebalkan tersebut muncul. Sebaiknya, sebelum berolahraga wajah kita harus dibersihkan dahulu, agar menurunkan risiko munculnya jerawat.

2). Sering Meraba Muka
Walaupun biasanya orang sudah tahu bahwa tangannya telah memegang berbagai benda yang mungkin terdapat bakteri, namun orang secara tidak sadar mungkin meraba atau mengusap keringat yang ada di wajah dengan menggunakan tangan dan mengenai jerawat sehingga menyebabkan infeksi. Selain itu, hindari juga memencet jerawat jika ingin hilang tanpa meninggalkan bekasnya.

3). Tidak Rajin Membasuh Muka
Segeralah basuh wajah anda menggunakan air bersih apabila telah selesai melakukan aktivitas fisik di luar atau pun dalam rumah yang mengeluarkan banyak keringat juga minyak berlebih pada muka, hal ini dilakukan agar tidak menyumbat pori. Bagi anda yang muslim membasuh muka ketika melakukan wudhu sebelum shalat juga dapat meringankan jerawat apabila rutin.

4). Terlalu Sering Mencuci Wajah Dengan Sabun
Jika kulit anda sudah terlalu banyak mengeluarkan minyak berlebih apabila ditambah juga dengan seringnya anda mencuci muka dengan sabun maka yang terjadi produksi minyak akan terus bertambah semakin banyak, dan menjadikan jerawat semakin betah di wajah.

5). Stres
Tahukah anda bahwa stres dapat menyebabkan munculnya minyak berlebih dari kelenjar sebum di dalam kulit? Ya, itu terjadi karena produksi hormon kortisol atau stres, yang tentu juga menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat di muka. Silakan simak juga: 6 Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja.

Semoga dengan mengetahui dan mengenali beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat di muka dapat meminimalisir munculnya jerawat yang menjengkelkan ini di wajah kesayangan anda.

ARTIKEL TERKAIT: