Cara Menghilangkan Kutu Rambut Kepala Secara Alami

advertisement
Membasmi kutu rambut sepertinya bukan perkara yang mudah untuk diatasi, sehingga tidak heran juga bila banyak wanita dan juga pria yang merasa "kegatalan" akibat ulah dari kutu tersebut yang bersarang di kepala anda.

Rasa gatal yang ditimbulkan pun dapat bertahan lama jika tidak segera cepat diatasi. Terlebih lagi yang paling membuat kesal adalah telur dari kutu yang menempel di batang rambut sehingga membuat kutu berkembang biak dan semakin bertambah.

Terdapat 2 cara untuk mengatasi masalah ini, menggunakan obat kimia yang sudah jelas memiliki efek samping apabila tidak sesuai petunjuk dokter atau lebih memilih menggunakan bahan alami yang sudah banyak tersedia di lingkungan anda.

Jika anda tertarik untuk menggunakan cara alami untuk menghilangkan kutu rambut, disini saya merekomendasikan untuk menggunakan beberapa campuran bahan alami yang memang sudah terbukti memiliki kandungan positif serta manfaat yang baik.
Cara Menghilangkan Kutu Rambut
Image by Gilles San Martin [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Cara Menghilangkan Telur & Kutu Rambut Secara Alami

1). Minyak Zaitun dan Minyak Esensial

Jika biasanya anda menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut kering atau rusak, cobalah untuk menggunakan juga minyak yang didapat dari buah zaitun tersebut untuk membuat sebuah ramuan obat alami anti kutu. Mencampurkan minyak zaitun dan esensial ternyata mempunyai kandungan yang bisa membasmi kutu rambut secara alami. Berikut panduan membuat ramuannya:

  1. Siapkan terlebih dahulu minyak zaitun dan minyak esensial.
  2. Jika sudah, tuangkan setengah canggir minyak zaitun tersebut ke dalam sebuah mangkuk dan juga minyak esensial sebanyak 20 tetes saja.
  3. Kemudian aduk rata terlebih dahulu menggunakan sendok.
  4. Sekarang anda tinggal mengoleskan campuran minyak tersebut menggunakan telapak tangan anda ke area kulit kepala dan rambut anda.
  5. Usahakan lakukan perawatan ini pada saat malam hari menjelang tidur, agar anda dapat membiarkan campuran minyak tersebut dikepala anda semalaman dan besok paginya bisa anda langsung bilas dan keramas sambil membersihkan rambut anda menggunakan sisir khusus kutu yang sangat rapat.

2). Cuka Putih dan Air

Ya, saya yakin anda pasti terkejut, "Bagaimana bisa cuka menghilangkan kutu?". Cuka memang mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi, pH asam yang terkandung disebut sebagai anti-bakteri sehingga dapat melawan kutu rambut. Anda bisa juga menggunakan cuka apel, namun apabila anda hanya mempunyai cuka putih, anda perlu menambahkannya dengan air untuk mengencerkannya. Berikut caranya:

  1. Langkah pertama yaitu anda harus mencampurkan cuka dan juga air yang sama banyaknya ke dalam sebuah mangkuk kecil yang anda punya, lalu aduk.
  2. Kemudian silakan tuangkan secara perlahan campuran tersebut ke bagian kulit serta rambut kepala anda.
  3. Anda bisa melakukan pijatan secara perlahan sambil meratakannya ke seluruh area kulit kepala anda.
  4. Jika semua sudah, sekarang anda hanya perlu mendiamkannya selama kurang lebih 15 menit saja agar cairan tersebut dapat meresap.
  5. Jika sudah bilas dengan air bersih.

3). Bawang Putih dan Lemon

Bawang putih dan lemon masing-masing memiliki kandungan positif yang bermanfaat bagi kesehatan karena sifatnya yang anti-bakteri dan juga anti-flamasi. Manfaat atau khasiat yang diberikan kedua bahan alami tersebut sangat banyak sekali, salah satu diantaranya adalah dapat membantu menghilangkan kutu rambut di kepala. Berikut cara mengolahnya:

  1. Siapkan terlebih dahulu beberapa siung bawang putih secukupnya saja dan juga 1 buah lemon.
  2. Haluskan bawang putih tersebut dengan cara diulek atau bisa juga dengan blender, setelah itu pindahkan ke mangkuk kecil.
  3. Sekarang buah lemon bisa anda peras untuk di ambil airnya saja lalu tempatkan ke dalam mangkuk kecil tadi.
  4. Aduk hingga merata...
  5. Nah, sekarang campuran tersebut kini sudah menjadi "ramuan" obat alami anti-kutu yang bisa anda gunakan.
  6. Silakan oleskan campuran yang sudah menjadi pasta tersebut ke seluruh bagian kulit serta rambut kepala anda.
  7. Jika sudah, anda tinggal mendiamkannya saja selama setidaknya 30 menit setelah itu bilas dan keramas.
Nah, semoga tips perawatan ini dapat membantu menyelesaikan masalah kutu rambut yang sedang anda alami saat ini. Salam sehat!

ARTIKEL TERKAIT: