Cara Merawat Rambut Kering (Rusak) & Mengembang Secara Alami

advertisement
Memiliki masalah rambut rusak (kering) dan mengembang tentu sama sekali bukan yang diharapkan para wanita dan pria. Padahal secara tidak sadar anda sendirilah yang telah membuatnya mengalami masalah. Ya, beberapa penyebab rusaknya rambut diantaranya seperti; blow dry yang terlalu sering, pewarnaan, penggunaan bahan kimia, panas dari pelurusan rambut, dan lain sebagainya.

Jika anda sudah memikirkan untuk menggunakan produk tertentu untuk mengatasi masalah rambut kesayangan anda, cobalah terlebih dahulu menggunakan buah sebagai bahan alami untuk mengatasinya. Ya, buah pisang, pepaya, dan juga campuran lainnya memiliki berbagai jenis kandungan positif, anda dapat menggunakannya secara rutin tanpa takut terkena efek samping negatif.

Artikel lainnya: Cara Meluruskan Rambut yang Efektif

Cara Merawat Rambut Kering

Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami

1). Kondisioner dari Buah Pisang

Ya, buah pisang memang kaya akan vitamin A, B, C, dan juga E. Jika selama ini anda tahu bahwa pisang sangat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata buah yang satu ini dapat mengatasi rambut yang kering atau rusak dan mengembang. Itu semua tentu karena vitamin yang terdapat pada pisang dapat memberikan nutrisi rambut kesayangan anda. Berikut bahan-bahannya dan cara menggunakannya:

  1. Ambillah setidaknya 2-3 pisang dan kupas kulitnya.
  2. Potong pisang dengan ukuran kecil.
  3. Siapkan juga bahan lainnya, yaitu; minyak zaitun, madu, minyak kelapa, dan santan.
  4. Sekarang saatnya anda mencampurkan semua bahan tersebut lalu haluskan secara manual atau bisa juga menggunakan blender.
  5. Pindahkan ke mangkuk dan air secukupnya saja lalu aduk.
  6. Sebelumnya, silakan lakukan keramas terlebih dahulu terhadap rambut kesayangan anda dan sisir untuk merapikan agar tidak kusut.
  7. Jika sudah, ambil sisir bergigi jarang yang anda punya lalu segera celupkan ke dalam kondisioner alami yang sudah anda buat sebelumnya.
  8. Nah, setelah itu sekarang waktunya sisir rambut anda secara merata.
  9. Jika semua sudah dilakukan, diamkan dan tunggu hingga 30 menit.
  10. Kemudian bilas dengan air bersih.

Lakukan perawatan dengan kondisioner alami ini minimal 1 kali dalam seminggu. Jika anda melakukan secara rutin, nantinya anda akan melihat rambut anda jauh lebih indah dan sehat dari sebelumnya.

Artikel terkait: Cara Alami Menghilangkan Kutu

2). Masker dari Buah Pisang, Pepaya, & Bubuk Daun Intaran

Masker yang terbuat dari bahan alami ini tentu sudah pasti memiliki banyak sekali kandungan positif yang membuat anda lebih sehat. Berikut cara mengunakan bahan alami tersebut untuk merawat rambut kering dan mengembang yang sedang anda alami saati ini:

  1. Langkah pertama, pastikan anda telah menyiapkan 1 buah pisang, dua pepaya ukuran kecil yang sudah dipotong, 2 sendok makan bubuk daun intaran (neem), dan 1 cangkir air hangat.
  2. Selanjunjutnya, campurkan dan haluskanlah semua bahan tersebut secara manual atau dengan blender.
  3. Jika sudah, silakan oleskan kebagian kulit serta rambut kepala anda secara merata.
  4. Setelah itu diamkan setidaknya dalam waktu kurang lebih 20-30 menit saja.

Untuk dapat merasakan hasilnya yang tahan lama bahkan permanen, tentu anda tidak bisa hanya melakukannya sekali saja, silakan lakukan secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Rambut

ARTIKEL TERKAIT: