Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah, Rambut & Kesehatan Tubuh

advertisement
Khasiat dan manfaat jeruk nipis memang sangat banyak sekali, mulai dari untuk kesehatan dan peyembuhan penyakit pada tubuh, sampai kecantikan yang berkaitan dengan kulit wajah dan rambut.

Ya, tentu itu semua berkat kandungan ajab yang dimilikinya, diantaranya seperti vitamin A, B1, dan C, asam sitrat, fosfor, synephrine dan N-methyltyramine, flavonoid, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Jeruk Nipis Kesehatan dan kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah

Cara mengolahnya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan satu jeruk nipis lalu belah menggunakan pisau menjadi 2 bagian. Setelah itu, gosokkan secara perlahan dan merata ke area wajah.

Cara lainnya, anda bisa melakukan perasan terhadap jeruk nipis tersebut untuk diambil airnya dan pindahkan ke mangkuk kecil. Jika sudah, anda tinggal mengoleskannya menggunakan jari anda ke bagian kulit wajah secara merata.

Diamkanlah sampai beberapa menit saja dan mengering di wajah anda. Selanjutnya bersihkanlah wajah anda dengan air dingin kemudian keringkan menggunakan handuk. Anda bisa melakukan perawatan ini selama 1 kali dalam 1 hari.

Nah, berikut manfaat dari penggunaannya:
  • Menghilangkan berbagai macam jerawat yang membandel.
  • Memutihkan dan mencerahkan wajah sehingga terlihat lebih cantik untuk wanita dan tampan untuk pria.
  • Merawat wajah dengan cara mengecilkan pori-pori sehingga lebih kencang dan memperlambat terjadinya kerutan alias awet muda.
  • Mengatasi noda atau flek hitam yang banyak menetap di muka.
  • Membersihkan kulit muka yang terlihat kusam atau kotor dalam waktu singkat.
  • Mengatasi terjadinya permukaan muka yang berminyak.
  • Dapat menghilangkan komedo yang cukup menjengkelkan.
  • Mampu menetralisir berbagai jenis racun di dalam kulit wajah yang disebabkan oleh pemakaian kosmetik atau penggunaan bahan kimia lainnya.
  • Kandungan vitamin C yang ada dapat menghaluskan kulit yang terasa kasar.
  • Membuang sel kulit mati.
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang akan anda dapatkan...

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

1). Mengatasi rambut rontok yang berlebihan.
** Siapkan dua jeruk nipis yang masing-masingnya telah dipotong menjadi 2 bagian, lalu peras dan masukkan ke dalam mangkuk. Setelah itu oleskan pada kulit kepala anda secara merata. Lakukanlan pada malam hari dan diamkan semalaman, dan keesokan harinya bisa langsung anda bersihkan dengan air dan keramas.**

2). Menghilangkan ketombe yang disebabkan karena terjadinya pengelupasan sel kulit mati yang tidak normal atau berlebihan dibagian kulit kepala rambut.

3). Merawat rambut dengan cara melebatkan atau menyuburkan rambut yang tipis agar terlihat indah dan sehat.
**Ambillah merang padi yang anda punya secukupnya dan bakar hingga menjadi abu. Siapkan juga 1 buah jeruk nipis dan peras. Rendamlah meram tersebut ke dalam air secukupnya, jika sudah biarkan selama 1 malam. Besoknya bisa anda saring. Tambahkan 1 jeruk nipis yang sudah diperas sebelumnya. Aduk secara merata, dan oleskan ke bagian kulit kepala secara merata. Lakukanlah pijatan kecil sambil menunggunya hingga beberapa menit saja.**

4). Dapat membuat rambut terlihat berkilau dan bersih dari sebelumnya.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh Manusia

1). Mengobati Batuk

Ya, jeruk nipis bisa kita gunakan untuk meredakan batuk secara alami. Cara mengolahnya pun cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan 1 buah jeruk nipis kemudian diperas untuk diambil airnya. Setelah itu campurkan 1 sendok madu dan sedikit garam, jika sudah, aduk hingga merata. Minumlah ramuannya 2 kali dalam sehari.

2). Mengatasi Demam

Ambillah satu buah jeruk nipis yang anda punya, lalu peras dan masukkan ke dalam mangkuk kecil. Sekarang ambil 3 siung bawang merah kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu tambahkan 1 sendok minyak kelapa. Aduk 3 bahan tersebut yang ada di mangkuk hingga merata, kemudian oleskan pada kening si penderita sakit demam.

3). Bantu Atasi Wasir atau Ambeien

Kali ini yang akan kita gunakan sebagai bahan pengobatan adalah akar dari buah jeruk nipis itu sendiri. Sekarang siapkan kurang lebih 10 gram akar jeruk nipis yang telah dicuci bersih. Setelah itu rebuslah dengan air 1 liter selama kurang lebih 30 menit saja, jika sudah silakan disaring untuk diambil airnya dan pindahkan ke dalam gelas. Tunggu hingga hangat, lalu minumlah.

4). Mengobati Amandel

Bagi anda penderita penyakit amandel pasti sulit sekali untuk menelan makanan, ya ini merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan karena amandel tersebut. Untuk mengobatinya secara alami, silakan siapkan 3 kulit jeruk nipis dan setelah itu dipotong-potong. Sekarang rebuslah dengan 2 gelas air selama beberapa menit hingga airnya tersisa kurang lebih 3/4. Jika sudah, saringlah. Gunakan airnya untuk berkumur-kumur saja. Anda bisa menggunakannya 3 kali dalam 1 hari.

5). Bantu Obati Batu Ginjal

Ambillah dua buah jeruk nipis, kemudian peras ke dalam gelas. Tambahkan air hangat secukupnya dan minumlah setelah anda selesai makan. Lakukanlah 1 kali dalam sehari.

6). Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan yang seringkali disebut tanda penyakit flu bisa anda obati dengan bantuan jeruk nipis. Cara mengolahnya adalah dengan mengambil 3 buah jeruk nipis lalu peras. Tambahkan 1/2 cangkir air panas, setelah itu tambahkan juga 1 sendok madu dan aduklah hingga 3 bahan tersebut tercampur dengan baik. Setelah airnya terasa hangat, segera gunakan untuk berkumur selama 3 menit. Lakukanlah 3 kali sehari.

Ya, itulah semua manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai obat herbal alami yang bisa anda gunakan untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit. Salam sehat!

ARTIKEL TERKAIT: