Beragam Manfaat Buah Kersen untuk Penyembuhan & Kesehatan

advertisement
Tahukah anda manfaat buah kersen? Mungkin sebagian dari anda bingung begitu mendengar nama buah kersen. Nama yang satu ini memang belum terlalu familiar pada sebagian orang. Kersen sebenarnya juga dikenal sebagai buah ceri.

Tentu anda sering melihat pohon ceri di sekitar anda. Buah yang dihasilkan pohon tersebut disebut juga sebagai kersen. Beberapa tempat di Indonesia memiliki nama yang berbeda-beda untuk kersen. Buah ini memiliki ukuran yang kecil tetapi dengan rasa dan tekstur yang khas. Bagian dalam buah kersen seperti berpasir dan terasa lembut ketika dipencet.

Buah kersen yang masak biasanya berwarna merah atau kuning. Nah, daripada menunggu lebih lama, berikut ini akan kami berikan beberapa jenis manfaat dari buah yang satu ini semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan.

buah kersen

Macam-macam khasiat buah kersen

Tentunya bukan hanya nikmat untuk dimakan, buah kersen juga memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaat yang pertama adalah bersifat antibakteri. Sehingga dengan mengkonsumsi kersen, anda bisa lebih kuat dari serangan bakteri penyakit tertentu. Senyawa antibakteri ini cukup kuat dalam buah kersen.

Selain memiliki sifat sebagai antibakteri, buah ini juga bersifat sebagai antioksidan. Antioksidan ini memiliki tugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Manfaat buah kersen yang lainnya yaitu sebagai antiseptik. Tetapi untuk manfaat yang satu ini, anda bisa menemukannya di daun kersen. Rebusan daunnya bisa membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen sudah terbukti dapat membunuh bakteri C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil.

Sifat antibakteri yang didapatkan dari daun kersen ini karena adanya kandungan seperti tanin, flavonoid dan saponin. Selain itu juga memiliki sifat anti inflamasi alias anti peradangan. Sehingga bisa digunakan untuk menurunkan demam. Dan juga, ternyata berguna sebagai anti tumor. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Tidak disangka, ternyata kersen bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Indonesia menjadi negara yang telah menggunakan buah kersen dalam pengobatan asam urat. Buah kersen pun telah terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena penyakit asam urat. Selanjutnya, daunnya pun bisa berguna untuk melindungi jantung.

Hal ini karena terdapat kandungan miokardium yang berdampak pada penurunan pembatasan kebocoran enzim. Jika anda sering mengalami masalah kram perut, maka anda bisa menggunakan bunga kersen sebagai antiseptik. Caranya yaitu dengan merebus bunga kersen lalu meminum airnya. Dalam pohon kersen juga ditemukan sifat anti kanker. Tepatnya pada bagian akarnya, yaitu berupa zat flavonoid sitotoksik.

Tanaman yang satu ini memang memiliki banyak sekali kegunaan. Mulai dari buah, bunga, daun, hingga akarnya. Selain itu tanaman kersen juga mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar kita. Buah kersen dapat berguna untuk meredakan gejala flu, mengatasi kejang dan kaku pada bagian saluran pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi serta kadar kolesterol dalam darah.

Simak juga: Manfaat Buah Pala

Selain itu juga bisa meredakan sakit kepala. Bagi anda yang ingin mendapatkan banyak manfaat dari kersen, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara rutin. Tetapi konsumsi berlebihan juga tidak disarankan. Cukup konsumsi secukupnya saja.

ARTIKEL TERKAIT: