Berbagai Macam Manfaat Buah Pala untuk Pengobatan Penyakit

advertisement
Ada begitu banyak manfaat buah pala yang penting untuk anda ketahui. Pala merupakan jenis tumbuhan rempah asli dari Indonesia. Persebaran tanaman pala dimulai dari Kepulauan Maluku, Sulawesi, dan Kepulauan Banda.

Tumbuhan ini dikenal sebagai tumbuhan yang serba guna dan multi fungsi. Buah pala selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu, bisa juga dikonsumsi atau digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh dan kecantika wajah serta kulit. Buah ini juga kerap kali diolah menjadi minuman kesehatan.

Buah ini memiliki aroma yang khas dan nikmat. Selain itu tentunya buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat yang tidak banyak orang mengetahuinya seperti yang akan kami bahas dengan lengkap di beberapa paragraph berikut.

buah pala
Image by W.A. Djatmiko Wie146 [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh

Buah yang satu ini terbilang memiliki kandungan gizi yang banyak. Sehingga manfaat yang bisa diberikan buah pala untuk tubuh juga tidak sedikit. Beberapa kandungan yang ditemukan dalam buah ini antara lain, senyawa minyak atsiri, protein, energi, kalsium, lemak, karbohidrat, vitamin B1, dan vitamin A serta C.

Pala juga kaya akan zat besi. Beberapa manfaat buah pala antara lain untuk mengurangi bengkak pada gusi serta mengobati sakit gigi. Buah ini juga ternyata dapat meningkatkan kinerja otak. Bagi anda yang memiliki masalah pada lambung, buah ini bisa digunakan untuk meringankan sakit lambung.

Buah pala juga umum digunakan untuk mengurangi sakit pada telinga. Kandungan vitamin A pada buah ini berguna untuk menjernihkan penglihatan atau pandangan orang yang mengkonsumsinya. Buah pala juga bisa digunakan untuk menanggulangi masalah insomnia dan sakit perut yang melilit.

Manfaat lainnya yaitu untuk menangkal radikal bebas. Hal ini karena buah ini memiliki sifat antioksidan yang alami. Buah ini juga dapat meringankan sakit kepala dan pening. Anda bisa memberikan anak anda buah pala, karena selain aman untuk dikonsumsi, buah ini juga baik untuk masa pertumbuhan. Pala bisa digunakan untuk menambah tenaga secara alami dan mengembalikan stamina.

Bagi anda yang berminat untuk mengkonsumsi buah pala, anda bisa langsung memakannya. Atau bisa juga dicampurkan dalam bumbu masakan atau bahan pangan lainnya. Buah ini juga kerap kali diolah menjadi manisan yang lezat. Selain untuk kesehatan, pala juga bisa bermanfaat untuk kecantikan.

Anda bisa membuat masker dari buah pala. Caranya yaitu dengan menghaluskan biji pala sampai berbentuk bubuk. Kemudian campur dengan madu hingga berbentuk seperti jely. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu mengoleskan masker ke bagian wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit hingga mengering. Setelah kering bilas menggunakan dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan masker ini setiap 2 kali dalam seminggu.

Masker bubuk biji pala juga bisa dimanfaatkan sebagai sabun pembersih wajah secara alami. Mungkin setelah membaca artikel ini, anda menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsi buah pala. Buah ini tidak sulit untuk ditemukan. Bisa ditemukan di pasar tradisional maupun swalayan besar.

Lihat juga: Manfaat Buah Apel Hijau

Jika malas mengolah buah pala, maka lebih baik beli olahannya saja yang sudah jadi. Tentunya manfaat yang dibutuhkan masih tetap sama. Segudang manfaat yang anda dapatkan dari buah pala belum tentu anda dapatkan pada buah lainnya.

ARTIKEL TERKAIT: