Inilah Manfaat Buah Kedondong untuk Pengobatan Penyakit Tertentu

advertisement
Bagi anda penggemar buah yang asam-asam, mungkin sudah cukup familiar dengan buah kedondong. Buah yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dan memang banyak dan mudah ditemukan.

Selain itu kedondong juga tidak jarang dijadikan bahan dalam rujak atau asinan. Kedondong memiliki rasa asam yang khas dan berbeda dengan buah pada umumnya. Tentunya anda tidak menyangka bahwa sebenarnya kedondong memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi tubuh.

Untuk anda yang penasaran, berikut ini adalah macam-macam manfaat kedondong untuk kesehatan manusia. Beberapa dari manfaat ini kemungkinan besar belum semuanya mengetahuinya sehingga ada baiknya dibaca dengan lebih seksama.

kedondong

Manfaat dan khasiat buah kedondong

Ternyata buah ini bisa digunakan menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Misalnya sebagai obat batuk, anda hanya perlu menyiapkan 3 buah kedondong, setelah itu cuci hingga bersih. Kemudian parut lalu peras airnya dan beri sedikit garam.

Setelah itu minum 2 kali dalam sehari untuk mengatasi batuk. Kedondong juga bisa digunakan sebagai obat sakit perut dan diare. Caranya yaitu dengan menggunakan kurang lebih 15 gram batang kedondong yang masih segar, lalu cuci hingga bersih. Setelah dicuci, potong batang tersebut menjadi kecil-kecil dan rebus dengan dua gelas air selama 15 menit. Dinginkan air rebusan tersebut dan minum air yang sudah disaring 2 kali sehari.

Manfaat lainnya yaitu untuk mengobati luka terbakar dan perih. Bagian yang digunakan adalah daunnya. Jika anda mengalami masalah pada pencernaan, maka buah ini bisa menjadi solusinya. Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong bisa mencapai 0,83 – 3,60 mg.

Kandungan ini bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna. Kedondong juga mengandung lemak, protein, serta karbohidrat tetapi dalam jumlah rendah. Maka dari itu buah ini sangat cocok sekali untuk anda yang sedang dalam program diet. Tetapi sebaiknya pilih buah kedondong yang belum terlalu matang, karena kandungan serat dan airnya sangat tinggi. Buah yang terlalu matang cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Kedondong ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah. Penderita anemia disarankan untuk mengkonsumsi kedondong sebanyak 100 gram. Dengan begitu anda sekaligus sudah memberikan asupan 30 mg zat besi untuk proses pembentukan sel darah merah.

Manfaat buah kedondong yang mungkin belum terlalu banyak diketahui orang adalah untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini karena kedondong memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan zat gizi berupa sukrosa dan unsur gula dalam kedondong juga baik untuk menambah daya tahan tubuh serta vitalitas tubuh.

Buah ini baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena adanya kandungan vitamin A yang memang baik untuk kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin A membantu untuk menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini disebut sebagai retinol.

Baca juga: Manfaat Buah Kersen

Selain itu juga buah ini memiliki peran sebagai antioksidan. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin A yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Dan juga terdapat kandungan vitamin C dalam kedondong. Kedua jenis vitamin ini sangat berperan aktif untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh maupun polusi dari luar.

ARTIKEL TERKAIT: