Cara Ampuh Mengobati Insomnia dengan Menjalani 3 Pola Hidup Sehat Ini

advertisement
Bagi para pekerja kantoran ataupun pebisnis muda yang penuh semangat bekerja overtime memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari. Tapi tahukah bahwa memaksa tubuh untuk terus bekerja akan berdampak buruk pada tubuh dan kesehatan serta mental dan pikiran. Salah satu dampak paling buruk dan sering terjadi adalah insomnia.

Insomnia adalah kondisi dimana tubuh kita tidak bisa untuk tidur di malam hari karena pikiran yang terlalu berat dan juga tingkat kelelahan yang berlebihan, selain itu kondisi mental dan juga psikis juga mempengaruhi penyakit ini. Melihat betapa seriusnya penyakit ini maka kami akan memberikan beberapa cara mengobati insomnia dengan mudah dan juga manjur yang pastinya tanpa efek samping.


Inilah cara mengobati insomnia yang efektif

1. Berolahraga yang cukup dan teratur

Salah satu cara yang cukup populer dan juga sangat manjur adalah dengan berolahraga yang teratur. Benar sekali biasanya penderita insomnia adalah orang orang super sibuk yang sukar mendapatkan waktu untuk berolahraga, oleh karena itu dengan berolahraga di sela sela kesibukan maka tubuh kita akan mendapatkan penyegaran yang mana semua bagian tubuh bergerak dengan ritme yang sehat.

Hal ini akan menyebabkan kita untuk lebih sehat dimana metabolisme tubuh lebih lancar dan juga dimana sisi psikis kita akan lebih tenang karena berolahraga ringan seperti berjalan memompa hormone dopamine yang membuat tubuh tenang dan pastinya akan membuat kita lebih mudah untuk tidur.

2. Menghindari rokok

Menghindari konsumsi rokok yang berlebihan juga bisa dikatakan sebagai penyebab utama insomnia. Nikotin yang ada di dalam rokok akan memberikan efek yang tidak sehat pada kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh dan juga membuat kita akan susah tertidur. Hal inilah yang menyebabkan beberapa penderita insomnia adalah orang orang perokok aktif.

Oleh karena itu hentikanlah merokok untuk bisa mudah tertidur. Cara mudah untuk menghentikan rokok adalah dengan memakan permen karet atau memakan makanan kecil sebagi pengganti rokok pastikan juga tapi kalau makanan yang kita makan tidak berlebihan karena bisa mengakibatkan obesitas yang berakibat buruk pada kondisi tubuh kita.

3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein

Tidak bisa dipungkiri lagi mengkonsumsi kafein yang biasa ditemukan dalam minuman berenergi dan juga kopi adalah salah satu hal yang menjadi kebiasaan pekerja kantor atau pebisnis. Akan tetapi meskipun memberikan tambahan energy tahukah bahwa mengkonsumsi kafein berlebihan akan berakibat pada insomnia atau susah tidur kronis.

Nah, untuk mencegah hal tersebut ada baiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein dalam bentuk minuman energy ataupun kopi sehingga tubuh kita bisa kembali terbebas dari sisa sisa kafein yang mengganggu metabolisme tubuh kita. Cara ini sangat manjur dan beberapa korban insomnia juga menyatakan bisa tidur lebih nyenyak dengan menghentikan konsumsi kafein berlebihan.

Itulah beberapa cara mengobati insomnia yang telah kami kumpulkan dari beberapa cara lainnya, memang beberapa cara ini memerlukan proses dan tidak instant namun yang pasti akan lebih aman dibandingkan dengan membeli obat tidur untuk menyelesaikan masalah insomnia kita.

Baca juga: Cara Mengatasi Susah Tidur

Selain cukup mahal, membeli obat tidur apabila tidak menggunakan resep dokter maka akan mengakibatkan kita mengalami ketergantungan yang berarti bisa membahayakan diri kita sendiri. Nah, semoga dengan beberapa cara simpel dan mudah ini maka insomnia kita akan bisa diatasi selamat mencoba dan semoga berhasil dalam menjalankan beberapa tips di atas.

ARTIKEL TERKAIT: