Ini Cara Mencegah Penyakit Tipes yang Penting untuk Anda Ketahui

advertisement
Tifus merupakan salah satu jenis penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, karena hal ini termasuk infeksi sistematik yang dapat menyebabkan tubuh kita menjadi lemas dan disertai oleh beragam hal lainnya, sehingga penting sekali bagi kita untuk tahu cara mencegah tipes yang dapat membantu kita untuk mengatasi penyakit ini.

Walaupun berbahaya, bukan berarti hal ini tidak dapat dicegah, agar tidak terkena penyakit ini. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar bisa terhindarkan dari penyakit tipes dengan melakukan beberapa cara yang biasanya berkaitan dengan kebiasaan hidup anda. Berikut ini, akan kami bahas mengenai beberapa langkah yang perlu anda lakukan agar anda terhindarkan dari penyakit tipes ini.

Beberapa tips mencegah tipes

Untuk cara yang pertama adalah dengan tidak jajan sembarangan. Seringkali, tifus banyak diidap oleh banyak orang yang sering jajan diluar dan mengkonsumsi makanan yang kadang mereka tidak tahu apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Untuk itu, anda sebaiknya menghindari hal tersebut dan lebih memilih untuk membawa bekal dari rumah.

Jika anda terpaksa jajan diluar, maka ada baiknya lihat kebersihan dari tempat itu terlebih dahulu. Jika tempat itu bersih, maka anda bisa langsung membelinya dan jika tempat itu kotor maka lebih baik menghindari tempat seperti itu, karena ada banyak bakteri ataupun virus berbahaya yang bersemayam dalam setiap makanan yang dijual di tempat yang tidak higienis.

Selain menjaga konsumsi makanan, cara lainnya dan tak kalah penting adalah menjaga waktu tidur anda. Waktu tidur yang tidak teratur dan kebanyakan begadang menjadi salah satu hal yang membuat kondisi tubuh tidak stabil, sehingga tubuh tidak dapat meregenerasi sel yang telah rusak dan hal ini dapat mengakibatkan banyak hal buruk dalam tubuh anda terutama daya tahan tubuh.

Untuk itu, penting sekali bagi anda untuk menjaga daya tahan tubuh dengan menjaga waktu tidur agar cukup, dimana setiap orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam agar mereka tentunya bisa bangun dengan segar keesokan harinya dan menjalani aktivitas mereka seperti biasanya.

Tidak hanya waktu istirahat yang perlu dijaga, anda juga tidak boleh mengabaikan olahraga, karena hal ini menjadi salah satu hal penting yang tetap harus dilakukan guna menjaga kebugaran tubuh. Untuk hal ini, anda tidak perlu memilih jenis olahraga yang terlalu berat, karena anda hanya cukup memilih olahraga yang anda sukai dan bisa dilakukan secara rutin dan teratur.

Soal olahraga, ada jogging dan yoga yang menjadi contoh olahraga populer yang disukai banyak orang, karena hal ini bisa membuat mereka tetap bugar dan juga tidak terlalu membutuhkan banyak waktu dan juga tempat untuk melakukan hal ini, karena kedua jenis olahraga ini bisa dilakukan dimana saja.

Terakhir, jangan lupa untuk cuci tangan. Hal ini terdengar sangat simple dan banyak orang masih sering meremehkan hal tersebut dan mengabaikannya. Namun, cuci tangan bisa menjadi salah satu hal penting yang dapat anda lakukan untuk membunuh sebagian besar kuman yang ada pada tangan anda.

Karena itu, lakukanlah sebelum makan agar tangan anda bebas dari kuman, karena kita tidak tahu akan kuman apa saja yang bisa masuk kedalam mulut jika tidak mencuci tangan dengan bersih.

ARTIKEL TERKAIT: