9 Tempat Wisata Menarik di Surabaya Jawa Timur yang Wajib Dijelajahi

advertisement
Pernahkah anda berkunjung ke Surabaya? Saya yakin sebagian di antara anda sudah pernah berkunjung atau menginjakkan kakinya di tanah Surabaya, dan sebagian dari anda juga pasti belum pernah sama sekali menginjakkan kakinya di tanah daerah yang terkenal dengan sebutan kota pahlawan itu.

Ada apa saja kira-kira di sana, ya? Surabaya sebagai kota besar sekaligus kota metropolitan, tentunya menyimpan banyak hal yang menarik bagi siapa saja. Salah satunya yang menarik adalah objek wisatanya yang menakjubkan.

Jika anda pernah mengunjungi salah satu destinasi wisata terindah di kota ini pastinya anda selalu ingin berkunjung kembali ke sana. Karena memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa berbagai objek yang ada di Surabaya ini sangat menarik dan begitu indah. Sebut saja misalnya Gunung Bromo, tempat wisata ini mampu memanjakan mata para pengunjung karena pemandangan alam yang sangat menawan.

Inilah Objek Wisata di Surabaya yang Perlu Anda Ketahui

Surabaya sebagai kota terbesar ke dua di Indonesia memiliki banyak keistimewaan. Surabaya tidak hanya dikenal sebagai kota pendidikan saja, tetapi juga dikenal sebagai kota yang memiliki banyak tempat indah yang cocok dikunjungi pada saat liburan.

1. Jembatan Nasional Suramadu

Jembatan Nasional Suramadu
Foto: indoturs.com
Suramadu kepanjangan dari Surabaya Madura. Artinya jembatan ini merupakan jembatan penghubung antara Surabaya dengan Madura. Tujuan dari pembangunan jembatan tersebut adalah untuk mempercepat pembangunan wilayah Madura yang terpisah oleh sebuah selat dengan wilayah Surabaya.

Jembatan Suramadu ini dibangun di atas perairan selat Madura. Sekarang jembatan Suramadu ini telah menjadi ikon wisata Surabaya yang selalu dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai daerah.

2. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark
Foto: surabaya.panduanwisata.id
Selain jembatan Suramadu, ada juga tempat rekreasi yang baik untuk anda kunjungi bersama keluarga yaitu Ciputra waterpark. Lokasinya berada di Surabaya bagian Barat. Objek yang memiliki berbagai wahana permainan ini memiliki beberapa kolam, kolamnya tidak dalam. Ya, dalamnya hanya sekitar satu meter, sehingga bagi anda yang tidak bisa berenang tidak usah takut tenggelam.

Selain itu di dalam Ciputra waterpark ini juga ada dongeng yang menarik bagi anak-anak anda. Tiket untuk masuk ke Ciputra ini kalau hari biasa adalah Rp 70.0000,00 dan minggu tiketnya Rp 90.000,00. Ciputra waterpark ini memberi tiket gratis bagi pengunjung yang berusia diatas 6 tahun.

3. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Kebun Binatang Surabaya
Foto: my-journey89.blogspot.com
Selain Jembatan Suramadu dan Ciputra Waterpark, ada sebuah tempat yang banyak menyediakan berbagai macam hewan atau binatang indah yaitu Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Lokasinya ini berada tepat di jalan Setail nomor 1. KBS ini memiliki banyak koleksi binatang. Luas dari kebun binatang ini sekitar 37 hektar. Dulu tempat ini merupakan kebun binatang yang paling lengkap di Asia tenggara. Harga tiket masuk ke KBS ini adalah Rp 15000,00. Murah bukan? Jika anda penasaran anda bisa langsung datang segera bersama teman, kerabat, atau keluarga tercinta.

4. House of Sampoerna

House of Sampoerna
Foto: www.pegipegi.com
Karena tempat bersejarah ini memiliki arti sejarah maka tentunya objek ini menjadi wajib anda kunjungi jika ingin belajar banyak mengenai sejarah. House of Sampoerna ini merupakan rumah peninggalan kuno yang memiliki bentuk serta desain unik bangunan belanda dengan empat tiang putih yang berdiri kokoh di bagian depan.

Di dalam house of sampoerna ini terdapat koleksi foto keluarga, alat pemantik, replika kios, dan lain sebagainya. Selain itu anda juga bisa melihat dan membeli souvenir khusus di tempat wisata ini.

5. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ekowisata Mangrove Wonorejo
Foto: aanprihandaya.com
Ekowisata hutan mangrove wonorejo ini merupakan tempat favorit para pengunjung yang memang menyukai suasana alam dengan pemandangan hijau. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam, ingin mencari kedamaian, ketenangan dan kesejukan alam, anda bisa berkunjung ke objek wisata alam ini.

Di sana anda bisa menikmati rangkaian hutan mangrove yang dibelah oleh jembatan bambu. Selain anda bisa menjelajahi hutan mangrove ini dengan melewati jembatan bambu, anda juga bisa menyusurinya melalui perahu. Pokoknya mengasyikkan!

6. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam
Foto: pesonakotasurabaya.wordpress.com
Monumen kapal selam yang juga disebut Monkasel ini adalah salah satu objek wisata di surabaya yang menarik dan baik untuk anda kunjungi. Lokasinya berada di Embong Kaliasin, jalan pemuda nomor 39. Nantinya di sana anda dapat melihat secara langsung bagaimana bentuk dari kapal selam sebenarnya.

Dulunya kapal selam ini dipakai dalam pertempuran saat melakukan pembebasan Irian Barat dari Belanda.

7. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
Foto: manusialembah.blogspot.co.id
Anda semua pasti sudah tahu sejarah kepahlawanan warga surabaya yang setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Nah, peristiwa sejarah yang terjadi di Surabaya pada waktu itu diabadikan dengan dibuatnya tugu pahlawan. Tugu pahlawan ini bisa anda kunjungi untuk mengingat sejarah penting yang terjadi pada bulan November 1945 dahulu, ketika warga Surabaya berperang mati-matian melawan tentara sekutu.

Tugu pahlawan ini pada awalnya memang dibangun untuk mengenang kepahlawanan para pahlawan, namun saat ini telah berubah menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah.

8. Rumah Batik Surabaya

Rumah Batik Surabaya
Foto: tripadvisor.co.id
Jika anda ingin tahu berbagai jenis motif-motif batik yang ada di kota metropolitan terbesar di jawa timur ini, anda bisa mengunjungi rumah batik Surabaya. Rumah Batik ini juga merupakan salah satu objek yang layak anda kunjungi.

Lokasinya tepat berada di Tambak Dukuh. Di dalam rumah khusus pembuat batik ini terdapat sekitar 2000 koleksi lembar batik dengan motif yang berbeda-beda.

9. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran
Foto: anekatempatwisata.com
Jika anda ingin menikmati suasana pantai di kota ini, anda bisa pergi ke Pantai Kenjeran. Pantai Kenjeran ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang layak anda kunjungi karena memiliki keindahan pantai yang luar biasa.

Baca juga: Daftar Hotel Murah di Surabaya

Di tempat ini anda bisa melihat berbagai jenis iklan di bawah laut ikan, perahu yang berlalu-lalang, dan lain sebagainya. Selain suasana pantai yang sejuk dan indah, di pantai kenjeran ini juga terdapat wahana permainan bagi anak-anak.

ARTIKEL TERKAIT: