5 Cara Menjaga Pikiran Tetap Fokus & Konsentrasi dalam Bekerja

advertisement
Banyak sekali kunci sukses, salah satunya yang sangat penting adalah fokus. Namun perjuangan untuk bisa fokus tidak semudah mulut mengucapkan kata fokus.

Biasanya orang mencoba mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, namun yang terjadi malah kebingungan sehingga sulit rasanya untuk bisa menyelesaikan tugas pekerjaan.

Padahal kalau kita sudah menemukan cara terbaik bagi diri kita sendiri agar fokus dan konsentrasi dalam bekerja, maka kita akan menjadi pribadi yang produktif walaupun dihadapkan dengan banyaknya pekerjaan.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga fokus dan produktif yang bisa diterapkan mulai sekarang.

#1 Minum kopi

Kopi memiliki banyak sekali manfaat luar biasa, beberapa di antaranya adalah dapat membuat mood tetap baik, bahkan dengan hanya menghirup aroma kopi pun itu sudah bisa mengurangi stres.

Namun sebaiknya jangan meminum kopi sambil melaksanakan pekerjaan, karena bisa jadi Anda malah asyik menikmati kopi dan pekerjaan bisa lama terselesaikan. Sebaiknya buatlah secangkir kopi panas dan nikmatilah 30 menit sebelum mulai bekerja.

#2 Hentikan multitasking

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa multitasking bisa mengurangi bahkan menghancurkan produktivitas kerja. Mengerjakan suatu tugas pekerjaan sambil membuka BBM dan media sosial lainnya bisa menurunkan IQ Anda jika dilakukan secara terus-menerus setiap hari.

Solusi terbaiknya adalah lakukan silent terhadap ponsel Anda, lalu fokus kerjakan satu tugas terlebih dahulu sampai selesai, baru kerjakan tugas lainnya.

Teknik pomodoro juga cukup ampuh membantu kita lebih produktif, yaitu fokus dan konsentrasi kerjakan tugas dalam jangka waktu 25 menit, lalu istirahat 5 menit, dan lanjutkan lagi sampai selesai. Anda bisa gunakan alarm di ponsel Anda sebagai pengingat atau software pomodoro yang bisa di download gratis.

#3 Gunakan aromaterapi

Manfaat aromaterapi sebagai peringan stres sehingga membuat fokus dan konsentrasi saat bekerja tentu sudah banyak yang tahu. Jika Anda belum menggunakannya, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan minyal essensial seperti peppermint yang bisa meningkatkan mood.

#4 Asupan lemak sehat

Lemak sehat omega-3 bisa Anda dapatkan dengan mudah dari makanan seperti ikan salmon, tuna, dan buah alpukat yang bisa dinikmati dengan mengolahnya menjadi jus.

Omega-3 tidak hanya dapat membuat suasana hati Anda tetap baik yang berimbas pada pikiran untuk tetap fokus, namun juga bisa merawat kulit Anda menjadi lebih sehat.
via Liputan6

ARTIKEL TERKAIT: