10 Tips Cara Mencegah Penyakit Ginjal

advertisement
Pada postingan ini saya ingin menuliskan dengan membagikan sedikit tips cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit ginjal yang berbahaya ini. Gaya hidup yang sehat adalah hal umum yang dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit ginjal.

Seperti yang kita tahu bahwa ginjal mempunyai tugas penting di dalam tubuh kita yaitu menyaring kotoran dan membuangnya keluar. Ginjal sendiri merupakan organ penting untuk sistem metebolisme tubuh. Jika anda tidak peduli terhadap kesehatan ginjal dam tidak memelihara dengan baik, maka yang terjadi adalah munculnya berbagai penyakit kerusakan kelenjar paratiroid hingga penyakit ginjal, dan lain sebagainya.

10 Tips Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Tips dan Cara Mencegah Penyakit Ginjal:

1). Jaga Kesehatan & Berolahraga
Sudah terbukti bahwa olahraga dapat banyak sekali memberikan manfaat pada tubuh. Maka dari itu, tetaplah melakukan aktivitas fisik dengan olahraga secara rutin agar dapat menyehatkan tubuh dan juga ginjal kesayangan anda.

2). Mengontrol Tekanan Darah
Penting untuk menjaga tekanan darah agar stabil karena merupakan salah satu cara mencegah penyakit ginjal. Tekanan darah tinggi penyebab terjadinya penyakit ginjal dan menjadikannya tidak dapat berfungsi dengan baik.

3). Tidak Mengkonsumsi Obat Sembarangan
Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi obat konsulatasi dan tanyakan terlebih dahulu kepada dokter, karena obat kimia dapat mempersulit kerja ginjal.

4). Air Putih
Sudah terbukti bahwa dengan minum air secara rutin dapat memberikan manfaat besar untuk tubuh, diantaranya yaitu; mengatur suhu tubuh, meningkatkan metabolisme, mengeluarkan zat yang tidak berguna bagi tubuh, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit ginjal muncul. Anda juga bisa mengkonsumsi jenis buah yang banyak mengandung banyak air atau mineral.

5). Kadar Gula Darah
Jaga kadar gula darah anda agar tetap stabil sehingga terhindar dari diabetes yang termasuk salah satu penyebab penyakit ginjal.
Baca juga: Olahraga yang Baik Untuk Penyandang Diabetes.

6). Konsumsi Makanan Sehat
Cobalah untuk menghindari makanan yang dapat menyebabkan kolestrol LDL meningkat, karena dapat dapat mempengaruhi kadar gula darah sehingga meyebabkan terkena penyakit Ginjal. Sebaiknya juga hindari makanan yang mengandung zat pengawet, minum teh & kopi terlalu sering dan berlebih.
Baca juga: Konsumsi Makanan Ini Untuk Meningkatkan Kolesterol HDL.

7). Jaga Berat Badan Agar Tetap Ideal
Dengan melakukan olahraga rutin, mengkonsumsi makanan sehat, dan menjaga berat badan ideal sehingga terhindar dari obesitas adalah satu cara mencegah penyakit ginjal muncul.

8). Berhenti Merokok
Saya yakin juga sudah orang tahu bahaya rokok itu sendiri yang dapat mengancam kesehatan tubuh, namun tidak sedikit orang juga yang tidak peduli akan hal ini. Padahal rokok adalah salah satu faktor risiko penyakit ginjal.

9). Berhenti Minum Alkohol
Mimum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan organ dalm tubuh menjadi rusak, dan tentu memaksa kerja ginjal lebih berat sehingga memicu terjadinya penyakit.

10). Pemeriksaan Darah & Urin
Segera periksa fungsi ginjal, darah, dan juga urin jika terdapat salah satu faktor risiko penyakit ginjal muncul.

Silakan simak juga: Ciri dan Gejala Penyakit Ginjal

Tambahan, dengan mengenali dan mengetahui gejala awal penyakit ginjal tentu juga akan menambah pengetahuan anda dan bisa menghindarkan dan mencegah dari risiko tersebut.

ARTIKEL TERKAIT: